Hobi

Karakter Ayah Son Goku Kembali Tampil di Manga Dragon Ball Super Chapter 68

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 18th 2021

Sebelum manga originalnya memasuki babak cerita super saiya, Akira Toriyama tidak pernah membeberkan jika Son Goku, karakter utama di serial Dragon Ball adalah bangsa Saiya. Keberadaan ras saiya ini baru muncul dan mengambil alih cerita Dragon Ball sejak karakter Raditz -yang merupakan kakak Goku- mendarat di bumi dan menantang Goku bertarung -sebelum akhirnya ia terbunuh.

Son Goku ternyata secara misterius merupakan pangeran bangsa Saiya yang dikirim ke bumi oleh ayahnya, Bardock. Ia dikirim menggunakan pesawat kapsul karena planet Saiya saat itu akan dihancurkan oleh pasukan Frieza -penjahat antar galaksi yang ingin membasmi kaum Saiya.

Sejak saat itu, karakter Bardock hampir tidak pernah dimunculkan lagi dalam cerita Dragon Ball manapun. Kecuali di beberapa movie seperti Broly: The Legendary Super Saiyan dan Bardock: The Father of Goku .

Namun dalam draft terbaru manga Dragon Ball super yang dirilis, karakter ayah Son Goku ini tampak muncul lagi. Draft untuk chapter 68 tersebut berisi beberapa panel yang menceritakan adegan flashback.

Granolah, karakter penjahat baru dalam cerita Dragon Ball Super sepertinya merupakan penyintas dari kaumnya yang habis dibantai kaum Saiya. Kaum Saiya tempat asal Goku memang diceritakan sebagai bangsa invasif yang kerap menghancurkan peradaban di planet lain dengan kemampuan mereka berubah menjadi ozaru alias monyet raksasa.

Dalam adegan flashback Granolah, muncul seekor karakter ozaru dengan bekas luka unik di wajahnya. Tentu saja penggemar sejati Dragon Ball tahu siapa manusia Saiya yang berada dalam wujud ozaru itu. Ia adalah Bardock, ayahnya Goku.

Meski belum ada konfirmasi terkait hal tersebut, mengingat adegan itu hanya potongan dari storyboard, namun pembaca sudah tahu ke mana arah cerita Dragon Ball Super berikutnya. Granolah tentu menyimpan dendam terhadap bangsa Saiya, dan jika dia tahu Goku adalah anak Bardock, maka planet bumi tentu dalam bahaya.

Namun mungkinkah Granolah mampu menyaingi kekuatan Ultra Instinct Goku dan Vegeta? Tentu saja penggemar Dragon Ball harus menunggu sedikit lebih lama lagi untuk menemukan jawabannya.

Komik Dragon Ball Super Chapter 68 dapat dibaca di MangaPlus mulai Rabu, 20 Januari 2021 pukul 22.00 WIB.(*)

Related Articles
Hobi
Dua Domain Situs Dragon Ball Didaftarkan untuk "Proyek Rahasia". Benarkah?

Entertainment
Toei Konfirmasi Movie Dragon Ball Super 2 Sedang dalam Pengerjaan, Tayang 2022!

Hobi
Anime "Sword Art Online Progressive" Sudah dalam Tahap Pengerjaan