Lifestyle

Ini Loh Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kalian Kebanyakan Kopi

Dwiwa

Posted on January 17th 2021

Kopi diketahui memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan bahkan kecantikan. Tetapi ternyata, selain memiliki manfaat kopi juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Dilansir dari Eat This, Not That!, orang-orang disarankan minum kopi tidak lebih dari 28 cangkir, atau 4 cangkir dalam sehari. Dan menurut sebuah studi pada 40 ribu orang dewasa, ternyata minum lebih dari rata-rata 4 cangkir kopi sehari memang memberikan dampak buruk pada tubuh.

Empat cangkir sehari mungkin terdengar sangat banyak bagi sebagian orang. Tapi bagi sebagian orang, empat cangkir mungkin terlalu sedikit. Nah, jika kalian merupakan golongan kedua, ada baiknya untuk mempertimbangkan efek samping buruk yang mungkin ditimbulkan berikut.

 

1. Merasa cemas

Satu cangkir kopi biasanya mengandung 95 miligram kafein. Jadi jika kalian minum lebih dari empat cangkir kopi, dalam sehari akan mengonsumsi 500 miligram sehari.

Sebuah studi oleh Journal of Psychopharmacology melaporkan bahwa mengonsumsi kafein yang tinggi pada level ini bisa menyebabkan tingkat stres, kecemasan, bahkan depresi yang tinggi. Studi tersebut menyebut jika mengonsumsi lebih dari seribu mg kafein dalam seminggu akan memicu kecemasan yang tinggi.

 

2. Tidak bisa tidur nyenyak

Mengonsumsi kopi secara teratur dapat menyebabkan masalah pada pola tidur normal, terutama jika menikmati secangkir minuman di sore hari. Sebuah studi mengevaluasi 197 siswa sekolah menengah, beragam pengguna yang mengonsumsi kafein sedang melaporkan bangun terlalu pagi dan mengantuk di siang hari  dibanding yang mengonsumsi kafein lebih rendah.

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan dari minum kopi secara teratur, tetapi menjaga konsumsi kopi seminimal mungkin dan meminumnya di pagi hari bisa membantu menjaga pola tidur malam kalian.

 

3. Denyut jantung meningkat

Meskipun sebuah studi terkontrol menunjukkan jika minum 100 miligram kafein antara setiap jam hingga lima jam tidak meningkatkan denyut jantung, minum dalam jumlah yang signifikan dapat menyebabkan ritme jantung berubah.

 

4. Menjadi gugup

Pernah merasa gugup setelah minum kopi bergelas-gelas? Ini bisa menjadi tanda jika kalian sudah overdosis kafein, yang menurut Healthline dapat menyebabkan sakit kepala, kegelisahan, kesulitan tidur, dan peningkatan detak jantung.

Jika sampai kalian merasakan efek buruk parah dari terlalu banyak minum kopi seperti itu, sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

 

5. Merasa lelah

Kopi selalu menjadi dopping bagi sebagin orang untuk menghilangkan rasa lelah. Tetapi tahukah kalian jika mengonsumsinya secara berlebihan bisa menimbulkan efek negatif? Apalagi jika kalian termasuk yang hobi minum kopi manis yang penuh gula.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Innovation in Clinical Neurosciences, dimana peserta diberikan minuman berkafein dalam jumlah tertentu untuk energi, minum minuman berkafein – terutama dengan gula- secara rutin memang menyebabkan kelelahan mental pada peserta.

Meskipun hal ini biasa terjadi karena kafein menyebabkan penurunan tingkat energi saat habis, tetapi mengatur waktu tidur akan lebih baik dibanding minum lebih banyak kopi untuk membuat tetap terjaga. Sebab, tidur yang terganggu akan membuat kelelahan yang lebih banyak sepanjang hari.

 

Nah itu tadi ya guys sejumlah dampak buruk kalau kalian kebanyakan minum kopi. Balik lagi nih ke prinsip dasar, semua akan menjadi buruk ketika itu berlebihan. Termasuk soal urusan kopi. (*)

Related Articles
Lifestyle
Terlalu Banyak Informasi Negatif Bikin Stres? Cobain Tips Sederhana Ini

Lifestyle
Tahu Nggak Sih, Menulis Diary Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Loh

Current Issues
Penelitian: Sekolah Virtual Mungkin Bisa Merusak Kesehatan Mental Anak