Hobi

Keren! Studio Orange Garap Garap Anime 'Beastars' Lewat Game Animal Crossing

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 16th 2021

Pandemi Covid-19 memang berdampak terhadap industri kreatif Jepang. Banyak anime yang jadwal tayangnya terpaksa diundur. Beberapa anime yang masih dirilis dan ongoing pun terpaksa dikerjakan secara remote oleh tim kreatifnya.

Salah satunya adalah anime Beastars. Tapi siapa sangka, pengerjaan anime ini sangat dibantu oleh keberadaan salah satu game paling laris di Nintendo Switch, yaitu Animal Crossing: New Horizons.

Animal Crossing memang menjadi salah satu game terpopuler di 2020. Bukan hanya pemain biasa, beberapa pemilk bisnis, bahkan politisi juga memanfaatkan desain pulau yang ada di Animal Crossing untuk mempopulerkan jasa ataupun reputasi mereka masing-masing.

Tapi mungkin tidak ada yang mengira jika Animal Crossing juga dapat membantu Studio Orange, studi pembuat anime Beastars dalam memvisualisasikan gerakan karakter anime mereka.

Melalui Twitter resmi mereka, Studio Orange mangatakan jika animator mereka selama ini telah menggunakan Animal Crossing untuk memvisualisasikan motion anime mereka. Sebab mereka tidak bisa bertatap muka langsung dengan aktor model untuk mendapat gambaran utuh soal gerakan fisik karakter anime mereka.

Anime umumnya ditayangkan dalam format 2D, sehingga mungkin tidak banyak yang tahu jika anime seperti Beastars menggunakan teknologi CGI untuk memvisualisasikan gerakan karakter-karakter mereka.

Studio Orange tentu saja bukan satu-satunya studio anime yang mengerjakan proyek-proyek mereka secara remote. Square Enix juga saat ini mempraktikan pola kerja yang sama bagi para pekerja kreatifnya.

Bukan tidak mungkin jika metode kerja dengan memanfaatkan game 3D, baik Animal Crossing maupun bukan, akan dapat diadopsi oleh studio kreatif lainnya di masa mendatang, mengingat belum pasti kapan pandemi Covid-19 akan berlalu.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Terinspirasi Pandemi, Makoto Shinkai Buat Anime Bertema Post-Apocalyptic

Hobi
Anime Black Clover Diisukan Akan Tayang Kembali Juli Mendatang

Hobi
Capcom Akan Rilis Manga Sengoku Basara