Tech

Sejajarkan Galaxy S dengan Note, Samsung Luncurkan Galaxy S21 Ultra plus S Pen

Jingga Irawan

Posted on January 15th 2021

Samsung Electronics Co Ltd baru saja meluncurkan smartphone rangkaian seri Galaxy S21 dan Galaxy S21 Ultra pada Kamis, (14/1). Peluncuran ini dinilai satu bulan lebih cepat dari jadwal rilis tahunan yang biasa dilakukan.

Istimewanya, Galaxy S21 Ultra dalam seri ini kompatibel dengan stylus atau biasa disebut dengan S Pen. Ini adalah pertama kalinya seri Galaxy S dapat digunakan dengan S Pen. Dalam kategori smartphone, seperti yang kita ketahui selama ini bahwa Samsung memberikan kelengkapan S Pen hanya pada Galaxy Note.

Sebagaimana dilansir dari Reuters, para pengamat mengatakan bahwa melengkapi seri Galaxy S21 Ultra dengan S Pen merupakan usaha raksasa teknologi asal Korea Selatan itu menyejajarkan smartphone Galaxy S dengan Galaxy Note, yang sudah terlebih dahulu dilengkapi dengan S Pen.

Sayangnya, S Pen pada Galaxy S21 Ultra dijual terpisah. Tidak seperti Galaxy Note. Hal ini disebabkan karena body ponsel S21 Ultra tidak memiliki wadah penempatan pena digital.

Akan tetapi, Samsung juga menyediakan case khusus untuk ponsel tersebut yang dijual bersamaan dengan S Pen. Sehingga, S Pen dapat diselipkan ke dalam case.

Ukuran ponsel dari seri itu juga disesuaikan dengan kondisi konsumen kali ini, dimana orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar gadget.

Maka dari itu, S21 Plus dan Ultra memiliki ukuran lebih besar, hampir sama dengan produk 'phablet' -perpaduan phone dan tablet- Galaxy Note yang diluncurkan tahun lalu.

Ukuran layar Galaxy S21 standar adalah 6,2 inci, untuk S21 Plus 6,7 inci dan S21 Ultra 6,8 inci, cocok untuk menonton video dan bermain game bahkan bagi kalian yang saat ini sedang aktif melakukan work from home.

"Layar S21 Ultra adalah yang paling canggih dan kami membuat semua bagiannya akan cocok dengan pengalaman Anda. Karena itu kami menjadikan S21 Ultra perangkat pertama dari Galaxy S yang kompatibel dengan S Pen," kata Global Corporate Strategy Samsung, Charlie McCaren, dalam Galaxy Unpacked, Kamis (14/1).

Dengan chip Qualcomm Inc Snapdragon 888, S21 akan kompatibel dengan jaringan 5G. Seri ini akan tersedia mulai 29 Januari mendatang, melalui Samsung.com dan berbagai platform lain. (*)

Artikel Terkait
Tech
Samsung Resmi Matikan Branding Galaxy Note

Tech
Samsung akan Pamerkan Galaxy Note Generasi Baru pada 5 Agustus

Tech
Siap-Siap, Samsung Bakal Perkenalkan Galaxy S21 Minggu Depan