Current Issues

MPL MY/SG Resmi Berpisah, Malaysia Bikin Sendiri Turnamen MPL

Dika Afandi N

Posted on January 14th 2021

Rumor yang menyebutkan bahwa turnamen resmi Mobile Legends: Bang Bang untuk regional Malaysia dan Singapura akan dipisah akhirnya terjawab. Selama ini, dua negara itu secara bersamaan mengelar Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) dengan nama MPL MY/SG. Nah, kini Malaysia memisahkan diri dengan membuat turnamen sendiri.

Pada Rabu (13/1) melalui official akun Instagram resmi @mpl.mysg.official mengatakan bahwa region Malaysia/Singapura (MY/SG) resmi berpisah.

Malaysia mengaku ingin mempunyai region tersendiri untuk menyelenggarakan MPL. Demi kualitas agar peluang para pemain dari Malaysia lebih besar. Di postingan itu juga menyebutkan bila pendaftaran MPL Malaysia akan dibuka mulai 18 Januari mendatang.

Pemisahan region ini tentunya bisa sama-sama saling menguntungkan kedua negara. Pasalnya, bakal lebih banyak tim yang bertanding untuk mengikuti MPL di kedua region tersebut. Namun, sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari pihak Moonton perihal MPL Singapura selepas berpisahnya dengan region MY/SG. Kemungkinan dalam waktu dekat akan segera diumumkan.

Perlu diketahui bahwa region Malaysia/Singapura telah melahirkan tim-tim dan pemain yang berkualitas. Salah satu contohnya Todak Esports dan Evos SG. Todak Esports sendiri bermula dari tim amatir yang mengawali kiprahnya di kompetisi Mobile Diamond Challenge Malaysia/Singapura Season 3. Itu merupakan turnamen development league bagi tim amatir atau semi profesional.

Di ajang tersebut Todak Esports berhasil tampil gemilang dengan meraih hasil sempurna di babak playoff. Kegemilangan di turnamen tersebut yang membuat Todak Esports diundang oleh Moonton untuk naik kasta ke MPL MY/SG Season 4.

Pada MPL MY/SG Season 4 ,Todak Esports langsung menghadapi tim-tim terbaik asal Singapura dan Malaysia dan berhasil tampil cemerlang. Hasilnya mereka berhasil menjadi runner up untuk pertama kalinya di MPL MY/SG dan meraih posisi ketiga di Mobile Legends Wolrld Championship Season 1 (M1).

Cerita berbeda datang dari Evos SG. Evos SG sendiri masih satu manajemen dengan Evos Indonesia. Mereka tidak mencicipi turnamen kasta kedua di region tersebut. Namun mereka langsung bermain di MPL MY/SG.

Tim itu memang layak langsung di kasta teratas. Sebab performanya bisa dibilang luar biasa. Mereka berhasil menjadi jawara di MPL MY/SG Season 4, setelah mengalahkan Todak Esports dan menjadi runner up di MPL MY/SG Season 5.

Kini tak ada persaingan di antara kedua tim tersebut. Todak Esports memilih ke region Malaysia dan Evos SG akan bubar setelah perhelatan Mobile Legends World Championship Season 2 (M2).(*)

Related Articles
Hobi
Evos SG Bubar Setelah Mobile Legends World Championship (M2)

Sport
Minggu Terakhir Sebelum Playoff Tim yang Tersisih di MPL Mulai Terlihat

Sport
Berhasil Revans dari RRQ, Evos Juarai MPL Season 4