Current Issues

Orang Tua Angkat Jung-in Terancam Pasal Pembunuhan

Delima Pangaribuan

Posted on January 14th 2021

(Koreaboo/KBS)

Sidang kasus kematian bayi Jung-in berlanjut. Kali ini, mengutip Koreaboo, jaksa mendakwa orang tua angkat Jung-in melakukan pembunuhan. Tuntutan tersebut disampaikan dalam sidang yang berlangsung 13 Januari 2021 di Pengadilan Distrik Seoul.

Jung-in meninggal di usia yang baru 16 bulan dengan dugaan adanya tindak kekerasan terhadapnya. Hal ini terlihat dari sejumlah luka yang ditemukan di sekujur tubuh Jung-in. Jaksa pun mengenakan pasal pembunuhan pada kedua orang tua angkat Jung-in.

Kalau hakim meloloskan dakwaan tersebut, maka orang tua Jung-in bakal menerima hukuman minimal 10 tahun dan maksimal 16 tahun penjara. Dan kalau ada temuan lain yang memberatkan, bisa jadi mereka juga bakal menerima hukuman penjara seumur hidup.

Berdasarkan hukum di Korea Selatan, orang tua yang kedapatan melakukan kekerasan terhadap anaknya bakal dihukum 7 tahun penjara saja. Tapi karena orang tua Jung-in ini merupakan orang tua angkat, yang seharusnya sudah paham tanggung jawab mereka sebelum mengadopsi anak, hukumannya bisa lebih berat 6-9 tahun.

"Sementara mereka mengakui dakwaan kekerasan terhadap anak, mengabaikan dan meninggalkan anak, mereka ingin meluruskan kalau mereka tidak secara sengaja memukul si anak dengan kekuatan tertentu sehingga menyebabkan anak itu meninggal," ungkap kuasa hukum orang tua angkat Jung-in.

Kuasa hukum juga menambahkan informasi kalau pada hari kematian Jung-in, bayi itu menolak makan dan membuat ibunya marah. Ibunya mengakui kalau dia memang marah dan memukul perut Jung-in lebih keras dari biasanya. Dia menggenggam tangan Jung-in cukup keras dan menggoncang-goncangnya, menyebabkan Jung-in jatuh.

Tapi dia membantah telah memukul bagian vital di perut Jung-in yang menyebabkan masalah di pankreasnya. Dia juga langsung mengangkat Jung-in setelah jatuh. Melalui pembelaan ini, mereka menyangkal telah melakukan pembunuhan dan tidak menerima jika dikenakan pasal pembunuhan.

Kasus ini mendapat perhatian nasional di Korea Selatan. Sidang berikutnya bakal dilaksanakan pada 17 Februari mendatang. (*)

Related Articles
Current Issues
Orang Tua Jung-in Klaim Tidak Melakukan Kekerasan Terhadap Bayinya

Current Issues
Kenapa sih Rindu Itu Berat?

Current Issues
14 Negara Sudah Diperbolehkan Datang ke Eropa, Indonesia Masuk Daftar?