Tech

Mengenal LiDAR, Perangkat Sensor Laser yang Melengkapi iPhone 12

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 13th 2021

Perkembangan teknologi kamera berbanding lurus dengan kemajuan teknologi smartphone. Fungsi kamera canggih yang ada di smartphone selama tidak terpisahkan dari keberadaan sensor. Salah satunya seperti teknologi LiDAR yang ada pada iPhone 12.

LiDAR adalah singkatan dari Light detection and Ranging. Teknologi ini yang mengacu pada fungsinya yang menyerupai radar. Hanya saja alih-alih menggunakan gelombang radio sebagai mediumnya, sensor ini memanfatakan pancaran sinar laser.

Penggunaan LiDAR bukan hanya diaplikasikan pada smartphone. Tetapi lebih jauh dari itu. Bisa diterapkan pada segala jenis perangkat gawai yang dilengkapi teknologi otomatis.

LiDAR bekerja dengan cara yang mirip seperti radar. Perangkat LiDAR memancarkan sinar laser ke segala penjuru lalu menangkap pantulannya, mengukur Time of Flight (ToF), dan mengindentifikasi bentuk serta jarak semua objek yang memantulkan sinar tersebut.

Sinar memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dari gelombang radio, sehingga LiDAR dapat menyalin objek di sekitarnya dengan lebih akurat dan detil daripada radar. Selain itu, dengan pantulan berulang-ulang, LiDAR bukan hanya bisa membaca pergerakan dan kecepatan objek di sekitarnya. Tapi juga ke arah mana objek tersebut menghadap dan bergerak.

Meski efisien, LiDAR ternyata bukan satu-satunya sensor pengukur ToF yang pernah dipergunakan pada perangkat gawai. Smartphone seperti Galaxy S20+ dan Galaxy S20 Ultra menggunakan sensor pengukur ToF lewat pemancar inframerah. Bukan dengan sinar laser. Dibandingkan dengan perangkat ini, LiDAR yang dipergunakan pada iPhone 12 masih jauh lebih cepat dan akurat dalam menangkap gambar lingkungan di sekitarnya.

Sebelum dimanfaatkan pada smartphone, LiDAR biasanya dipergunakan pada pesawat dan drone untuk mencitrakan permukaan tanah. Harga sensor LiDAR yang semakin murah kini memungkinkan perangkat ini untuk dipasang pada gawai, robot dan mobil otomatis.(*)

 
Related Articles
Tech
Keren! Lenovo akan Luncurkan Kacamata AR untuk Seluruh Karyawannya

Tech
BlackBerry Comeback! 2021 Siapkan Ponsel 5G dengan Keyboard QWERTY

Tech
Inilah Tampilan GrayKey, Perangkat Pembobol Sistem Keamanan iPhone