Sport

Manchester United Depak Liverpool dari Puncak Klasemen Liga Inggris

Dwiwa

Posted on January 13th 2021

(Getty Image via The Guardian)

Gol tunggal Paul Pogba yang dicetak ke gawang Burnley pada Rabu (13/1) dinihari WIB tidak hanya membuat Manchester United memenangi pertandingan, tetapi juga mengirim Setan Merah memuncaki klasemen Liga Inggris 2020/2021.

Mereka berhasil menggeser Liverpool yang sebelumnya bertengger di puncak klasemen. Dilansir dari ESPN, kemenangan ini juga membuat tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer memperpanjang rekor tak terkalahkan di laga tandang Liga Premier.

“Kami tahu akan menjadi juara. Mereka menjalani tiga musim luar biasa, jadi kami siap untuk itu. Tapi kami siap dan bersemangat, kami mendambakannya dan ini adalah tes untuk karakter dan kualitas. Kami dalam posisi yang bagus untuk melakukannya,” ujar Solskjaer.

Semenjak kemenangan yang mereka raih pada musim 2012-2013 bersama Sir Alex Ferguson, Manchester United memang seolah tenggelam di Liga Inggris. Musim ini pun menjadi kedua kalinya bagi Setan Merah untuk kembali berada di puncak klasemen, setelah sempat mencicipinya sesaat di era musim 2017/18 bersama Mourinho semenjak ditinggal Ferguson.

Manchester City dan Liverpool bisa dibilang memiliki peluang yang lebih besar dari tim Solskjaer, tetapi kemenangan di Burnley membuktikan ketahanan dan kesiapan Manchester United untuk merebut gelar ke-21 di Liga Inggris.

Sejak dikalahkan Arsenal di Awal November, Manchester United telah mengoleksi 29 poin dari kemungkinan 33, dan semakin meyakinkan sebagai tim yang bertahan di setiap pertandingan. Mereka pun memuncaki klasemen dengan 36 poin dari 17 laga yang dimainkan, unggul 3 angka dari Liverpool.

Pertandingan yang dijalani United kontra Burnley sendiri sejak awal memang sudah didominasi oleh para pemain Setan Merah. Tetapi peluang-peluang yang tercipta di babak pertama gagal dieksekusi dengan baik. Harry Maguire sempat membuat gol untuk Manchester United, tetapi dianulir wasit karena Maguire telah melakukan pelanggaran terlebih dulu.

Di babak kedua, serangan Setan Merah semakin gencar dan banyak peluang yang tercipta. Tetapi gol baru benar-benar dibuat ketika Pogba menerima umpan lambung Marcus Rashford dan melepaskan tembakan voli yang pada akhirnya menjebol gawang Burnley setelah mengenai Matthew Lowton.

Mino Raiola, agen Pogba, pada bulan lalu mengklaim jika pemain asal Perancis itu berniat untuk meninggalkan United. Dan sejak itu, tampaknya pemain 27 tahun ini telah menemukan performanya dan sekarang menampilkan beberapa pertandingan terbaik sepanjang karirnya semenjak kembali bergabung dengan klub 4,5 tahun lalu.

Entah hanya kebetulan atau kata-kata Raiola memberi Pogba rasa kebebasan, Manchester United tidak akan keberatan jika mengakibatkan permainannya terus membuat perbedaan seperti yang dilakukan di Burnley.

“Aku selalu mengatakan Paul adalah pemain besar untuk kami. Dia adalah karakter yang baik di ruang ganti, dia seseorang yang dilihat para pemian lain, dia juara dunia. Kami melihat yang terbaik dari Paul saat ini,” ujar Solskjaer.

Tetapi tantangan yang dihadapi United dan Pogba saat ini adalah memanfaatkan kemenangan ini dan menunjukkan bahwa mereka serius untuk meraih gelar.

“Kami tahu jika menang, kami akan berada di puncak liga saat melawan Liverpool. Kami harus tetap tenang, ini adalah momen besar. Kami akan lihat apa yang terjadi. Ini akan menjadi permainan yang indah untuk semua orang. Pertandingan besar akan datang jadi bersiaplah,” ujar Pogba.

Kalau menurut kalian, kira-kira Manchester United bakal bertahan di puncak klasemen dan jadi juara Liga Inggris atau bakal sial lagi dan terdepak turun? (*)

Related Articles
Sport
MU dan Liverpool Menang, Arsenal dan Man City Tersungkur

Sport
Pemain Liverpool Mendominasi, FIFA 21: Ini Starting XI Premier League Terkuat

Sport
Ini 4 Laga Seru Liga Inggris di Pekan ke-12