Tech

Berbagai Teknologi Baru di Pameran Elektronik Online CES 2021

Laili Fajry

Posted on January 12th 2021

Salah satu pameran elektronik terbesar di dunia, Consumer Electronics Show (CES) kembali digelar. Kali ini digelar online karena pandemi masih terjadi. Ada banyak teknologi baru yang diperkenalkan sejumlah perusahaan elektronik.

Sony misalnya. Mereka mengenalkan produk barunya. Sony mulai masuk ke bisnis drone dengan menghadirkan Airpeak. Itu adalah drone produksi baru. Airpeak menandai masuknya Sony ke bisnis drone. Airpeak menggunakan kamera mirrorless Sony Alpha. Dengan teknologi ini, pengguna drone dapat merekam video udara definisi tinggi. Lihat saja bagaimana drone merekam gambar dari link berikut.

"Dengan teknologi Sony, kreativitas menjadi tidak terbatas," kata Presiden Sony Kenichiro Yoshida mengatakan pada acara peluncuran Airpeak online di CES 2021 sebagaimana dikutip dari Japantimes. Sony berencana meluncurkan drone di Jepang dan Amerika Serikat pada musim semi tahun ini.

CES 2021 dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (14/1). Pameran tersebut bertujuan untuk menciptakan koneksi dan memamerkan robotika terbaru, perangkat pintar, kesehatan digital, serta berbagai penemuan teknologi baru. Sekitar 1.800 peserta pameran berpartisipasi dalam pertunjukan tersebut. Pameran dilaksanakan secara online karena pandemi Covid-19.

Tak ketinggalan, pabrikan Jepang lainnya yang juga meluncurkan teknologi baru mereka di CES. Panasonic Corp memperkenalkan sistem suara berperforma tinggi untuk instalasi kendaraan, 

Sementara Canon Inc menghadirkan perangkat lunak yang memungkinkan penggunaan kamera digital sebagai kamera konferensi video saat dihubungkan ke PC.

Omron Healthcare Co meluncurkan sistem yang memungkinkan pasien yang menderita hipertensi untuk berbagi dengan dokter mengenai informasi biologisnya yang tercatat di rumah. Produk Omron ini sekaligus menjadi harapan terhadap semakin berkembangnya layanan bisnis telemedicine.

Kedepan, format baru pameran teknologi secara online itu akan menjadi tren sekaligus tantangan bagi produsen elektronik dunia. Berikut tayangan streaming CES 2021.

The Consumer Technology Association, grup perdagangan yang memproduksi acara tersebut, mengungkap perkiraan dan produk elektronik terkini untuk tahun 2021.

“Acara serba digital pertama akan menampilkan tren dan inovasi terbaru dalam kecerdasan buatan, 5G, kesehatan digital, smart city, teknologi kendaraan, dan penemuan-penemuan baru lainnya," ucap Gary Shapiro, Presiden dan Chief Executive The Consumer Technology Association. 

Digital CES mengandalkan kecerdasan buatan untuk mencocokkan minat yang ditunjukkan dalam profil pengunjung pameran online dengan peserta pameran. Dengan teknologi tersebut diharapkan konsumen menemukan produk keren yang sesuai di “lantai” pamer.

Perangkat lunak akan merekomendasikan pengunjung untuk terhubung dengan peserta pameran dengan dan menyediakan alat untuk pertemuan atau obrolan online.

Keren ya, artificial intelligence dengan algoritmanya mencocokkan minat konsumen dengan peserta pameran. Bisa jadi inspirasi nih, untuk penyelenggaraan pameran teknologi secara online di Indonesia.(*)

Related Articles
Tech
Sony Siap Terjun Industri Drone lewat Produk Bernama 'Airpeak'

Tech
Twitter Akan Peringati Pengguna Jika Mau Retweet Berita Tanpa Dibaca Dulu

Tech
Backround di Google Meet Bisa Jadi Blur lho! Ini Caranya