Current Issues

Makanan Ini Paling Banyak Dipesan Selama 2020 di Indonesia dan Korea

Laili Fajry

Posted on January 12th 2021

Memasuki masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kegiatan belajar mengajar di sekolah dan perkuliahan dilaksanakan secara daring di rumah. Demikian juga dengan mereka yang sudah bekerja. Sesuai anjuran pemerintah, 75 persen perkantoran harus mempekerjakan karyawannya dari rumah. So, sekeluarga kumpul bareng di rumah. Kan gak asyik kalau gak banyak amunisi makanan.

Berdasarkan data pemesanan pada aplikasi pengantaran makanan saat SFH dan WFH di tahun 2020 kemarin, ternyata ada tiga makanan dan minuman yang menjadi order favorit. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di Korea Selatan. Intip kuyy…

Dilansir dari Koreaherald, burger menjadi makanan paling populer yang dipesan melalui aplikasi pengantaran makanan Vroong. Aplikasi Vroong merupakan produk dari perusahaan teknologi informasi Mesh Korea dan didirikan tahun 2013. Semacam Gojek dan Grab lah di negeri gingseng…

Posisi kedua makanan terpopuler yang dipesan melalui delivery order Vroong adalah makanan tradisional korea seperti gimbap, tteokbokki, dan kue ikan. Makanan tradisional Korea yang juga mengalami lonjakan permintaan adalah jjigae.

Jjigae merupakan sebutan untuk berbagai macam masakan Korea berupa sup yang dimasak dan dihidangkan di dalam panci kecil untuk porsi satu orang. Isinya bisa berupa makanan laut, sayuran, daging, atau tahu. Dibandingkan dengan sup dalam kebudayaan Barat, jjigae memiliki kuah yang lebih sedikit.

Bagaimana dengan di Indonesia? Tidak jauh berbeda dengan Korea Selatan, makanan dan minuman favorit netizen di Indonesia juga perpaduan makanan dari budaya luar dan makanan tradisional.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem GoJek, Rose Lavina menyebutkan GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner atau UMKM. Kini terdapat 400.000 merchant di GoFood. Dari data transaksi tersebut, Gojek memiliki data mengenai makanan dan minuman apa yang belakangan ini kerap diorder oleh para pelanggan.

Menurut data Gojek sebagaimana dikutip dari Lifepal, terdapat lima jenis kategori makanan dan minuman yang mendapat respon positif di mata konsumen. Kelima makanan dan minuman itu adalah boba, ayam geprek, aneka salad, donat kentang, dan aneka tahu. 

Bener gak ya datanya? Kalian dan keluarga, sendiri, sering pesan lima makanan di atas juga?

Memesan makanan melalui aplikasi pengantaran dapat memberikan kontribusi luar biasa lho pada perputaran ekonomi masyarakat. Apalagi kalau pesannya di pedagang kecil. Yang penting, tetap jaga protokol kesehatan ya saat menerima orderan makanan.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Makin Bertambah, Kini Ada 15 Aplikasi Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Current Issues
Ingin Pakai Jasa Ojol Saat New Normal? Ini Yang Harus Diperhatikan

Current Issues
Facebook Pay Bakal Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya