Tech

Sony Bocorkan Video Mobil Sedan Mereka, Vision-S

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 12th 2021

Vision-S, sedan produksi Sony yang mencuri perhatian publik sejak event CES (Consumer Electronics Show) tahun lalu, kembali disorot tahun ini. Kali ini berkat beberapa video pendek yang memperlihatkan detil mobil. 

Video-video tersebut ditayangkan di hari pertama CES 2021 pada Senin (11/1) lalu. Pada kedua video pertama, sedan Vision-S tampak sedang berkendara di jalanan Austria.

Sementara pada video ketiga yang berdurasi lebih panjang, desain prototype Vision-S tampak lebih jelas. Video itu juga membeberkan siapa mitra Sony dalam menggarap mobil tersebut beserta teknologi apa saja yang ada di dalam mobilnya.

Salah satu mitra Sony dalam menggarap Vision-S adalah Magna Steyr. Perusahaan otomotif ini, melalui presidennya, Frank Stein mengatakan jika Vision-S adalah starting point bagi Sony. Ia mengatakan jika kerjasama antara Sony dan Magna akan terus berlanjut.

Video terakhir yang ditayangkan Sony mengatakan jika Sony dan beberapa mitranya telah mengerjakan Vision-S selama satu tahun belakangan.

Sony telah menambah jumlah sensor di mobil tersebut hingga 40 unit, sehingga mobil ini memiliki sensor 360 derajat di sekelilingnya. Vision-S juga dilengkapi teknologi keamanan terpadu dan dasbor berupa layar lebar dengan beberapa fitur seperti kamera, musik dan video.

Video tersebut juga mengatakan jika mobil ini akan dilengkapi beberapa fitur tambahan di masa mendatan, seperti voice assistant, gesture control, hiburan seperti video games, konektivitas internet 5G dan maish banyak lagi.

Kamera mobil ini adalah fitur yang paling menarik. Sony menjelaskan jika kamera ini digunakan untuk mengenali kondisi pengendara. Jika kamera ini mendeteksi penumpang yang sedang tertidur di bangku belakang, maka mobil secara otomatis akan mengatur temperatur yang pas untuk kenyamanannya.

Sistem kamera tersebut juga akan makin berkembang seiring dengan waktu, sehingga sistem dapat mempelajari preferensi suhu AC, musik dan rute berkendara pengendaranya..

Selain Magna, Sony juga bermitra dengan Bosch, Continental, Elektrobit Automotive, Vodafone, Qualcomm, Nvidia dan Blackberry/QNX. (*)

Related Articles
Tech
GM Perkenalkan Desain Cadillac Halo, Tawarkan Kenyamanan Masa Depan

Tech
Mercedes-Benz Masuki Pasar Mobil dengan Teknologi Layar Sentuh

Tech
Sasar Konsumen yang Lebih Muda, Rolls-Royce Ghost Didesain Lebih Sederhana