Tech

Kerjasama Pembuatan Mobil Listrik Apple-Hyundai Kabarnya Dimulai Maret 2021

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 11th 2021

Dalam merealisasikan tujuannya untuk membuat mobil listriknya sendiri, Apple memiliki dua pilihan: mengerjakan mobilnya sendiri atau bekerjasama dengan perusahaan otomotif lain. Tapi, Apple akhirnya menentukan pilihannya.

Portal berita Korea IT News menyebut bahwa Apple dan perusahaan otomotif asal Korea Selatan Hyundai berencana menandatangani kontrak kerjasama pada Maret 2021 mendatang. Kerjasama itu untuk memproduksi mobil listrik otomatis.

Dengan kesepakatan yang sudah mantap, kedua perusahaan ini kemungkinan akan meluncurkan versi beta atau prototipe kendaraan listriknya pada tahun depan. Disusul kemudian produksi massal pada 2024. Rencananya, Apple-Hyundai akan memproduksi hingga 100.000 mobil listrik, untuk Amerika Serikat.

Kerjasama ini tentu akan memperumit lini bisnis Hyundai Motor Corp. Bergabungnya Apple ke pasar mobil listrik dunia tentu saja akan mempengaruhi kondisi pasar. Hyundai bagai berada di dua sisi mata uang. Di satu sisi ikut memperoleh keuntungan dengan menggabungkan diri bersama Apple. Tapi di sisi lain, kerjasama tersebut juga berarti Hyundai membantu kompetitor baru untuk tumbuh.

Mobil listrik kerjasama Apple-Hyundai untuk wilayah Amerika Serikat kemungkinan akan dibuat di pabrik di Georgia, tempat kendaraan Kia Motors diproduksi saat ini. Namun tidak menutup kemungkinan jika kedua perusahaan ini akan mendirikan pabrik baru dengan kapasitas produksi 400.000 kendaraan setiap tahunnya.

Pembicaraan kerjasama antara Apple dan Hyundai sudah berlangsung sejak Jumat (8/1) lalu. Kabar itu pun langsung berdampak pada kenaikan harga saham Hyundai. Mobil kerjasama Apple-Hyundai kemungkinan diwujudkan juga dalam hal penggunaan baterai berteknologi baru buatan Apple. Baterai itu diklaim bisa memotong ongkos produksi secara ekstrem, serta memiliki daya tahan yang lebih tinggi.(*)

Baca juga: Siap Saingi Apple dan Tesla, Baidu dan Geely Kolaborasi Luncurkan Mobil Listrik

Related Articles
Tech
CATL & BYD Tolak Kerjasama Pasok Baterai untuk Apple Car

Tech
Tim Cook Kasih Kode Mobil Listrik Apple Car Bakal Terapkan Teknologi Otonom

Tech
Hyundai Luncurkan EV Ioniq 5, Energi Sampai Interior Semua Ramah Lingkungan