Entertainment

Film Baru Anne Hathaway ‘Locked Down’ Angkat Situasi Pandemi

Jingga Irawan

Posted on January 11th 2021

People

Pandemi yang mengharuskan orang-orang berdiam di rumah menginspirasi film Locked Down. Dibintangi Anne Hathaway dan Chiwetel Ejiofor, film ini bercerita tentang perampokan dengan bumbu komedi dan romantis yang memiliki latar suasana saat Inggris dilanda sebuah virus mematikan. Sutradara Peaky Blinders, Stephen Knight, dipercaya untuk menulis skenario. 

Film ini mengisahkan tentang sepasang suami istri, Linda (Anne Hathaway) dan Paxton (Chiwetel Ejiofor) yang telah menikah selama tiga tahun dan kemudian memutuskan untuk bercerai.

Saat akan mengurus gugatan perceraian, negara tempat mereka tinggal mengumumkan lockdown karena penyebaran virus. Akhirnya, mereka terjebak satu sama lain di rumah setidaknya selama dua minggu.

Menurut trailer yang telah dirilis oleh HBO Max, Paxton sering kali mendapatkan pertanyaan dari teman-temannya tentang kondisi pernikahan mereka.

Dalam sebuah videocall, salah seorang teman Paxton menanyakan keberadaan Linda. Tetapi, ia hanya menjawab bahwa ‘Linda berada di suatu tempat di dalam rumah’, menandakan mereka tidak saling bicara.

Sementara itu, Linda juga mengalami depresi berat yang membuat dia kecanduan alkohol bahkan suka berteriak sendiri di dalam rumah. Linda juga digambarkan sebagai sosok wanita yang menyedihkan mengingat pernikahannya berada di ambang kehancuran.

Namun sebenarnya, baik Linda dan Paxton masih saling mencintai satu sama lain, ditunjukkan saat Paxton masih bersedia memenuhi kebutuhan Linda dan berbelanja di mini market.

Sampai akhirnya, pasangan itu memiliki sebuah tugas berat untuk memindahkan beberapa perhiasan berharga dari sebuah gudang ke loker. Keduanya adalah karyawan terpercaya di perusahaan. Jadi, mereka tidak dapat menolak dan harus melakukannya. Saat pekerjaan tiba, mereka terpukau oleh sakah satu perhiasan dan membuat rencana untuk mencurinya.

Padahal, sangat tidak mungkin untuk mencuri permata yang telah diketahui perusahaan bahwa merekalah yang mindahkannya. Jadi, agar tidak tertangkap, mereka harus membuat rencana yang sangat bagus sehingga mereka dapat mencuri perhiasan dan menipu pihak berwenang.

Film ini membahas tentang frustrasi dan masalah yang sama saat orang-orang menghadapi Lockdown. Tahun lalu merupakan tahun yang sulit, karena tidak mudah bagi kita semua tinggal di dalam rumah untuk waktu yang cukup lama.

Ekonomi Global juga menghadapi banyak ketegangan, selama dua bulan berturut-turut, pemenuhan kebutuhan hidup terhenti. Orang-orang kehilangan pekerjaan, demokrasi runtuh di banyak negara. Tidak sedikit dari kita menyimpulkan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang kelam.

Sementara, film Locked Down adalah contoh bagi kita bahwa ‘tidak melakukan apa-apa’, depresi dan kehilangan pekerjaan dapat memicu pikiran buruk seperti perampokan dan pencurian. Padahal, ada pesan moral lain, pikiran positif dan banyak perbuatan baik yang bisa kita teladani selama Pandemi Covid-19 berlangsung.

Locked Down juga dibintangi oleh Stephen Merchant, Mindy Kaling, Lucy Boynton, Ben Stiller, dan pemenang Oscar Ben Kingsley.  Film ini rencananya akan dirilis pada 14 Januari (Amerika Serikat) dan dapat disaksikan di HBO Max. (*)

Related Articles
Entertainment
Asyik, “Wonder Woman 1984” Bakal Rilis di Bioskop dan HBO Max Natal Tahun Ini

Entertainment
Ditanya Soal Film 'The Suicide Squad', James Gunn: Hampir Selesai

Entertainment
17 Film Produksi Warner Bros. Akan Tayang di HBO MAX Tahun Depan