Hobi

7 Tips Bermain CS:GO Untuk Pemula

Dika Afandi N

Posted on January 11th 2021

Berbicara soal game FPS (frame per second) seolah tidak ada habisnya. Salah satu game FPS yang masih booming hingga saat ini adalah Counter Strike: Global Offensive. Atau kerap disingkat CS:GO. Meski sudah lama beredar, tapi game ini masih banyak dimainkan.

Meskipun CS:GO merupakan game FPS, akan tetapi mode permainan dari game ini bukanlah bertema battle royale yang bisa dimainkan lebih dari 50 player. CS:GO sendiri bertema Deahmatch. Hanya bisa dimainkan 10 orang saja, dan diintegrasikan kebanyak penembak, termasuk penembak pertama. Permainan ini juga ada batas waktu yang telah ditentukan.

Kali ini Mainmain.id akan berbagi tips dan trik untuk kalian seorang pemula yang ingin bermain CS:GO.

 

1. Mengenal Medan Tempur

Perlu kalian ketahui bahwa mode permainan di CS:GO tidak hanya terdiri dari satu map saja.CS:GO total memiliki 18 map yang bisa dimainkan. Map tersebut dibagi dalam tiga kategori.

Sebanyak 7 map untuk kategori Active Duty Map. Lalu 6 map untuk Reserve Map. Dan yang terakhir 5 map untuk Hostage Resque Map. Setiap medan perang pun memiliki tingkat kesulitan tersendiri, sehingga kerjasama antar anggota tim saja tidak cukup untuk bisa menang.

Sebelum memulai permainan, pastikan seluruh anggota tim kalian mengenal seluk beluk map yang ingin dimainkan. Ini mengurangi resiko salah mengambil langkah dalam bermain. Mulailah dari map yang sederhana dulu dan jalankan strategi kalian. Jika sudah mulai hafal dan paham, maka tingkatkan ke map yang kesulitannya lebih tinggi.

Jika kalian tidak menghafal map yang kalian mainkan, maka kalian akan kesulitan untuk mencari tempat yang kalian tuju. Dan itu akan memakan banyak waktu.

 

2. Kenali Senjata Counter Strike 

Mengenali senjata yang ada di game adalah hal yang wajib. Kenapa harus mengenali senjata? Karena kalian bisa mengetahui senjata mana yang cocok untuk dimainkan sesuai dengan karakteristik dan gameplay kalian.

Sederet senjata yang ada di CS:Go ini di antaranya ada AK47, Deagle, AWP, granat, dan masih ada banyak lagi. Senjata yang sering digunakan di CS:GO adalah AK47.

 

3. Gunakan Gaming Gear Yang Tepat

Gaming gear tentu sangat berpengaruh dalam peforma kalian. Salah satunya adalah Mouse. satu gear ini merupakan alat yang sangat vital di game CS:GO. Mouse gaming sendiri mempunyai tombol tambahan yang dapat membantu kalian untuk mempersingkat waktu beraksi kalian daripada menggunakan keyboard gaming.

 

4. Buy Time Harus Cepat 

Ketika pertama kali memulai pertandingan Counter Strike, kalian pastinya diberikan kesempatan untuk membeli senjata. Saat itu juga kalian harus membeli senjata dengan cepat. Syarat utamanya kalian harus sudah hafal shortcut apa saja yang digunakan untuk membeli senjata.

Pembelian senjata harus cepat karena kecepatan di games Steam ini kecepatan adalah segalanya. Dengan buy time yang singkat, kalian dan tim akan mendapat posisi yang lebih baik dalam map karena mampu melakukan penetrasi ke area musuh.

 

5. Jalan Perlahan

Cara terbaik untuk bertahan saat melakukan match di CS:GO, selain kecepatan tangan untuk memindahkan posisi karakter dan juga menembakan senjata, berhati-hati adalah yang utama.

Kalian dapat melakukan jalan perlahan-lahan atau mengendap-ngendap ketika kalian masuk ke area musuh. Selain itu, kalian juga harus menggunakan tombol SHIFT ketika ada suara langkah kaki agar tidak ketahuan oleh musuh.

 

6. Gunakan Senjata Dengan Persentase Headshot Tinggi 

Di CS:GO membunuh lawan dengan headshot sangat direkomendasikan karena akan mengurangi resiko kalian menerima damage lebih dari lawan. Jadi selalu gunakan senjata yang memiliki tingkat headshot tinggi seperti Fiveseven, Deagle, Krieg552, AK47, AWP Sniper, dan Maverick M4A1 Carbine.

 

7. Posisi Crosshair Lurus 

Pointer atau crosshair ketika bertanding di CS:GO harus lah lurus. Tidak disarankan ke atas atau ke bawah. Hal ini bertujuan agar kalian bisa sigap ketika musuh datang, sehingga kalian bisa melakukan kill dan tak terbunuh saat lawan muncul secara tiba tiba.(*)

 

 
Related Articles
Hobi
BOOM Esports Bubarkan Divisi CS:GO, Lepas Pemain dan Pelatih Asal Brasil

Interest
RIOT Games Rilis Project A, Kombinasi Counter Strike dan Overwatch

Hobi
Patch Baru PUBG Mobile: Lebih Ringan dan Ada Mode Metro Royale