Sport

4 “Cina” Yang Unjuk Gigi di Asian Games 2018

Asian Games 2018

Mainmain.id

Posted on August 24th 2018

SBila kita menyaksikan salah satu laga dalam gelaran Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta-Palembang dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September ini, barangkali kita akan mendengarkan nama beberapa negara yang memiliki kaitan dengan Cina. Cina atau Republik Rakyat Cina sendiri mengirimkan kontingennya. Lalu ada tiga negara lain yang juga ikut membawa nama Cina.

Berikut adalah empat negara dengan nama “Cina” di sampingnya.

Sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia, RRC mengirimkan 866 atlet yang terdiri atas 421 atlet putra dan 445 atlet putri. RRC mengikuti semua (40) cabang olahraga yang dikompetisikan di Asian Games 2018.

Kata “Cina” selalu disematkan setelah nama tiga negara selain RRC. Macau mengirim lebih dari 120 atlet untuk bertarung di 16 cabang olahraga. Tahun 1999 Macau yang dikelola oleh Portugal sejak 1887 dikembalikan kepada pemerintah Cina. Kini Macau menjadi bagian dari Cina namun dengan sistem administrasi istimewa yang terpisah dari “induknya”.

Dalam masa perang candu, Cina menyerahkan Hong Kong kepada Inggris sebagai bagian dari sebuah perjanjian. Inggris kemudian mengembalikan Hong Kong kepada Cina tahun 1997. Hong Kong memiliki pemimpin dan sistem pemerintahan sendiri. Namun sebagai bagian dari Cina, Hong Kong menyerahkan urusan pertahanan dan diplomasi luar negeri kepada Cina. Di Asian Games 2018, Hong Kong terlibat di 10 cabang olahraga dengan skuat total 113 atlet.

Dinamika atau lebih tepatnya sengketa politik masih terjadi di wilayah ini. Dua kekuatan saling berkukuh sebagai yang berdaulat. Mereka adalah Republik Rakyat Cina dan pemerintah lokal yang bernama Republik Cina. Untuk bisa berpartisipasi di berbagai ajang olahraga antarnegara, kedua pihak sepakat mengusung nama Chinese Taipei atau Cina Taipei. Ada 587 atlet terbang ke Jakarta dan Palembang mewakili Cina Taipei. Mereka berlaga di semua cabang kompetisi.(*)

 

Rosyidan

 

 

 

 

Related Articles
Sport
Amanah Nur Istiqomah, Srikandi Judo Berusia 17 Tahun

Sport
Bunga Nyimas Cinta, Peraih Medali Termuda di Asian Games 2018

Sport
Kalah Dicaci Maki, Menang Dipuji