Korea

Kenapa Boygroup KPop Sulit Bawakan Konsep Fresh? Ternyata Karena Ini...

Delima Pangaribuan

Posted on January 9th 2021

(AllKpop)

 
Ada berbagai konsep yang biasa diusung grup KPop dalam setiap comeback. Kadang fresh, cute, mellow, atau dark. Semua dicoba baik oleh girl group maupun boy group. Namun, warganet menemukan bahwa ada satu konsep yang paling susah diterapkan sama boy group.
 
Bukan, bukan konsep dark atau garang. Justru konsep fresh boy dan cute yang paling susah. Mengutip AllKpop, warganet berpendapat kalau konsep yang cerah dan ceria dari boy group lebih sulit diterapkan dan sukses seperti konsep dark.
 
Hal ini karena melodi yang digunakan dalam lagu cenderung lebih kompleks. Konsep dark bisa sukses dengan nada yang nggak terlalu naik turun alias monoton, pokoknya nendang. Tapi untuk konsep fresh boy, biasanya mereka harus pakai melodi yang jauh lebih banyak dan produser lagu harus pintar-pintar menyusun nadanya. Kalau salah, lagunya justru bakal kedengaran aneh dan gagal dapet kesan fresh.

 
"Produsernya harus punya skill lebih untuk bisa menciptakan lagu bagus dengan nuansa cerah. Aku tahu SM sangat jago memproduksi lagu yang ringan, ceria, dan segar, tapi sebetulnya itu sangat sulit dilakukan," ungkap seorang warganet yang membuka diskusi lewat postingan komunitas online.
 
Dia memberikan contoh lagu boy group berkonsep ceria dan ringan yang sukses di pasaran. Antara lain adalah Love Me Right dari EXO dan Very Nice dari Seventeen. Keduanya terbilang sukses karena para member bisa membawakan konsep fresh dan cute ala cowok yang jatuhnya gak terlalu cringey. Pas banget. Selain itu, meski lagunya kedengaran simpel, tetapi struktur lagu di baliknya cukup rumit.
 
"Itulah salah satu alasan kenapa sejumlah agensi memilih untuk gak memakai konsep semacam itu, karena memang lagunya termasuk susah diproduksi," lanjut warganet tersebut.

 
Di antara banyak grup KPop yang eksis mulai dari generasi kedua sampai sekarang, warganet pun berpendapat ada beberapa grup yang paling berhasil membawakan konsep tersebut. Tiga nama grup yang paling sering disebut adalah SHINee, Seventeen, dan NCT Dream.
 
"Pastinya SHINee dan Seventeen adalah grup yang cocok merepresentasikan konsep fresh boyish," komentar seorang warganet seperti dikutip AllKpop.
 
"Aku pikir tidak terlalu sulit memproduksi lagu semacam itu, tapi memang sulit membuat lagu yang bakal selalu diingat orang," komentar yang lain.
 
Grup atau lagu mana yang menurut sobat KPopers Mainmain paling cocok sama konsep cute dan fresh ini? (*)
Related Articles
Korea
Drastisnya Perbedaan Gaya Rambut 10 Idol KPop Saat Debut dan Sekarang

Korea
Seberapa Penting Line Distribution dalam Lagu KPop?

Korea
Seventeen Bakal Tampil Perdana di 'Ellen DeGeneres Show'