Hobi

Mengapa PlayStation 5 Tidak Laku di Jepang?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 9th 2021

Seisi dunia menyambut perilisan konsol PlayStation 5 dengan antusias. Kecuali di Jepang.

Konsol generasi kelima keluaran Sony ini tidak laris-manis di Jepang. Ketidakcocokan antara Sony dengan pasar gamer di jepang memang bukan hal baru. Kondisi tersebut setidaknya dikarenakan dua faktor: kelangkaan stok PS 5 di Jepang dan keputusan Sony yang sepertinya menyinggung konsumen PS di Jepang.

Sejak Sony memindahkan markas PlayStation dari Jepang ke California pada 2016 silam, Sony memang makin kehilangan "akar ke-Jepangan" mereka dalam sisi pengembangan game. Kali ini pada kontroler DualSense yang menyertai konsol PS5. Sebagaimana diketahui, Sony mengubah tombol command dari biasanya O, kini menjadi X. Tujuan hal ini agar gameplay PS5 menjadi lebih cocok dengan kebiasaan gaming orang Amerika.

Nah, tampaknya para pemain PlayStation asal Jepang tampak tidak terlalu senang dengan hal tersebut. Kemudian mengungkapkan kekecewaan mereka di internet.

Simbol X dan O memiliki makna yang lebih dalam bagi masyarakat Jepang. O biasa diterjemahkan sebagai "oke" atau "benar," sementara X diartikan sebagai "tidak" atau "tidak tersedia".

Perubahan mendadak yang dilakukan Sony pada kontroler mereka tentu mengejutkan Jepang, terutama karena Sony selama ini tidak pernah melakukan westernisasi pada desain kontrol permainan PlayStation.

Video reveal PS5 yang ditayangkan Sony pada awal-awal perilisan PS5 juga menimbulkan ketidaksenangan di antara para penggemar PlayStation asal Jepang. Video tersebut tidak disajikan dengan narasi berbahasa Jepang. Serta, memiliki beberapa kesalahan dalam penyajian subtitle berbahasa Jepang.

Khalayak Jepang secara tidak langsung merasa jika mereka tengah digiring menjauh, agar Sony dapat membuka pasar bagi pemain PS di Amerika Serikat dan Eropa. Kedua hal tersebut tentu saja menambah ketidaksukaan pemain PS di Jepang terhadap Sony.

Sony dan PlayStation pada awalnya memang berasal dari Jepang. Dari Jepang, mereka cukup populer di negara-negara dan pemain di wilayah Timur. Namun kini pemain PS di Jepang merasa jika Sony tengah memprioritaskan negara-negara Barat dan meninggalkan Jepang di belakang mereka.

Selain kedua isu tersebut, selama ini juga kerap terjadi kontroversi dalam kebijakan sensor Sony. Perusahaan game ini memang kerap melakukan penyensoran ekstra bagi game-game asal Jepang. Hal tersebut membuat beberapa developer game asal Jepang frustrasi dan mulai meninggalkan platform PS sama sekali. Sehingga PS mulai ditinggalkan baik produsen maupun konsumen game di Jepang.

PS5 saat ini tengah menjadi konsol PlayStation dengan penjualan terburuk di sepanjang sejarah Jepang.(*)

Related Articles
Tech
PlayStation di Rumahmu itu Ternyata Hanya Dirakit dalam 30 Detik

Interest
Sony Beberkan Detail Spesifikiasi PlayStation 5, Jadi Kapan Diluncurkan?

Hobi
Berebut dengan Bot Reseller, Hingga Kini Pembeli PS5 Masih Kerap Kehabisan Stok