Tech

Hyundai Motor Disebut Ikut Kembangkan Mobil Listrik Bersama Apple

Jingga Irawan

Posted on January 9th 2021

The Otomotive India

Berita bahwa Apple dikabarkan memulai produksi kendaraan listrik (EV) sontak menghebohkan Korea. Pasalnya perusahaan lokal setempat berekspetasi bahwa Apple akan menggandeng sejumlah perusahaan di Korea untuk masuk dalam produksi EV nya.

Menyusul kabar pada akhir Desember lalu terdapat spekulasi bahwa LG Group berkesempatan memasok komponen yang dibutuhkan untuk EV Apple. Selain itu rupanya Hyundai Motor Group juga dikaitkan dalam keterlibatan produksi EV tersebut menurut laporan Korea Times pada Jum’at (8/1).

Hyundai Motor, grup otomotif terbesar di negara itu dengan tiga merek mendunia yakni Hyundai, Kia dan Genesis, dikabarkan sedang melakukan pembicaraan tahap awal dengan Apple, untuk bersama-sama mengembangkan mobil. Seorang perwakilan perusahaan Hyundai mengatakan, grup otomotif itu memang sedang berdiskusi dengan banyak pembuat EV untuk kemungkinan kerjasama. Namun belum ada yang diputuskan.

"Kami telah menerima permintaan kerjasama potensial dari berbagai perusahaan terkait pengembangan EV otonom. Tapi belum ada keputusan yang dibuat karena diskusi masih dalam tahap awal," kata perwakilan itu, dikutip dari Korea Times.

Berkat potensi kerjasama EV dengan Apple, saham Hyundai Motor melonjak 13 persen pada awal perdagangan Jumat (8/1). Hingga satu jam sebelum penutupan perdagangan, harga saham Hyundai Motor naik 17,23 persen dari penutupan di hari sebelumnya.

Apple dilaporkan telah melakukan proyek pembuatan kendaraannya, Titan sejak 2014. Tapi mereka tidak pernah mengumumkan hasil apapun dari proyek tersebut. Sementara, industri EV sedang mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Sebelumnya, Reuters memberitakan bahwa Apple berencana terjun ke pasar dengan EV nya. Sejak itu, rumor beredar bahwa Apple telah berbicara dengan banyak perusahaan komponen untuk produksi EV nya. Apple juga dikabarkan berencana memproduksi kendaraan yang menggunakan teknologi baterainya sendiri pada 2024.

Bagi Apple, kerjasama dengan Hyundai Motor Group terlihat menarik. Bagaimana pun nama itu merupakan grup otomotif terbesar kelima di dunia. Produsen mobil asal Korea itu memiliki fasilitas produksi tersebar di seluruh dunia. Hyundai juga memiliki Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Itu adalah platform kendaraan listrik baterai khusus, yang berfungsi sebagai teknologi inti untuk EV generasi berikutnya dari merek Hyundai, Kia, dan Genesis.

Hyundai mengatakan mobil yang diproduksi dengan platform tersebut memiliki jarak tempuh maksimum lebih dari 500 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Perusahaan tersebut meluncurkan merek khusus EV IONIQ pada bulan Agustus dan berencana merilis tiga model EV khusus sekaligus (IONIQ 5, 6 dan 7) pada 2024.(*)

Related Articles
Tech
Siap Saingi Apple dan Tesla, Baidu dan Geely Kolaborasi Luncurkan Mobil Listrik

Tech
Kerjasama Pembuatan Mobil Listrik Apple-Hyundai Kabarnya Dimulai Maret 2021

Tech
Apple Bersiap Masuki Pasar Mobil Listrik Dunia 2024 Mendatang