Sport

Setelah Lama Tamat, Slam Dunk Kembali Lewat Anime Movie

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 8th 2021

Setelah lama hiatus dari manga Vagabond, kini Takehiko Inoue kembali dengan kabar baik yang mengejutkan. Kabar ini tidak adanya hubungan lagi dengan Vagabond, tapi Slam Dunk.

Slam Dunk merupakan manga olahraga legendaris tentang atlet basket SMA itu akan diadaptasi menjadi anime di layar lebar. Toei Animation akan menjadi produser anime tersebut. Inoue mengumumkannya hal itu di Twitter-nya sendir. Ini sebenarnya menarik karena mengindikasikan jika Inoue mungkin akan terlibat banyak dalam pembuatan anime tersebut.

Inoue mengumumkan hal tersebut dengan mengunggah logo teaser dan tagar #slamdunkmovie. Twitter resmi film Slam Dunk juga telah dibuat dengan nama "Slam Dunk Movie," tanpa embel-embel judul. Kemungkinan Twitter ini akan mengungkap judul lengkap film tersebut di masa mendatang.

Manga Slam Dunk pertama kali dipublikasikan di Majalah Komik Mingguan Shonen Jump. Dari 1990 hingga 1996. Slam Dunk laris-manis di pasaran dengan total jumlah penjualan jilid manganya mencapai 120 juta. Itu hanya jilid yang terjual di Jepang saja.

Slam Dunk ini juga sudah diadaptasi menjadi anime yang tayang Jepang pada kurun 1993 - 1996. Anime itu sempat ditayangkan di RCTI tak lama setelah itu. Manga ini memiliki tempat khusus di hati para penggemar olahraga basket. Bahkan ada sebagian remaja yang akhirnya tertarik mencoba olahraga basket karena menonton anime Slam Dunk.

Pada 2006, Jepang memiliki Slam Dunk Scholarship. Itu adalah beasiswa pendidikan yang didedikasikan bagi pebasket muda yang ada di Jepang.

Langkah Toei untuk mendaur ulang kesuksesan Slam Dunk tidak terlepas dari animo yang tinggi dari para penikmat anime bergenre olahraga, khususnya penggemar Slam Dunk di masa lalu. Cetakan baru manga Slam Dunk dirilis pada 2018 lalu dengan tampilan sampul yang baru.

Inoue Takehiko sendiri dikenal sebagai pecinta olahraga basket. Setelah Slam Dunk, Inoue membuat manga berjudul Real yang berkisah tentang perjalanan hidup atlet basket kursi roda. Inoue juga berperan menjadi desainer karakter untuk game Lost Odyssey di platform XBox 360.(*)

Related Articles
Hobi
Suka Olahraga? 6 Manga Bergenre Sport Ini Mungkin Cocok Buat Kalian!

Hobi
'Real', Manga Tentang Pemain Basket Kursi Roda Kembali Setelah Hiatus 5 Tahun

Hobi
Mengenal Osamu Tezuka, Kreator Astro Boy yang Dikenal Sebagai Dewa Manga