Current Issues

Dinobatkan Sebagai Orang Terkaya di Dunia, Elon Musk: Well, Back to Work

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 8th 2021

Sudah banyak orang yang memprediksi jika Elon Musk akan menjadi orang terkaya di dunia suatu hari nanti dan melampaui Jeff Bezos. Ternyata 2020 menjadi momentum bagi terwujudnya hal tersebut.

Tahun 2020 menjadi titik tolak Musk dan dua perusahaan andalannya, Tesla dan SpaceX. Di tahun tersebut, SpaceX merealisasikan kontrak penerbangan astronot NASA ke ISS. Selain itu, harga saham Tesla mengalami penaikan signifikan dari waktu ke waktu karena tren penggunaan mobil listrik dunia yang meningkat semenjak pandemi.

Musk akhirnya dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada Kamis (7/1) lalu. Jumlah kekayaan Musk dalam Bloomberg Billionaire Index naik hingga 7,9% menjadi USD 194,8 miliar (sekitar Rp.2,71 biliun) atau USD 9,5 miliar lebih banyak dari Jeff Bezos, orang terkaya sebelumnya.

Jumlah kekayaan Musk mengalami penaikan yang sangat dramatis dalam waktu amat singkat, bahkan mungkin yang paling cepat dalam sejarah. Sebanyak USD 165 miliar (sekitar Rp. 2,3 biliun) kekayaannya diperoleh hanya dalam satu tahun terakhir.

Salah satu aktor pendorongnya tak lain adalah kenaikan harga saham Tesla yang naik hingga 743% pada 2020 lalu. Jika mengacu pada tahun IPO-nya di 2010, maka nilainya sekarang telah meningkat menjadi 23.900%, termasuk saham stock-split 5 per 1 tahun lalu. Tesla memproduksi lebih dari setengah juta mobil listrik di tahun lalu. 

Sebagian besar kekayaan bersih Musk melekat pada ekuitas perusahaannya, termasuk Tesla, SpaceX dan Boring Company. Musk memang tidak memiliki minat untuk menjebak dirinya sendiri dalam kekayaannya.

Tahun lalu, Musk memcuitkan tweet yang mengatakan jika akan menjual hampir semua aset fisiknya. Dia juga memberitahu kantor berita Jerman, Axel Springer bahwa tujuan utama dari kekayaannya adalah untuk mengakselerasi kecepatan peradaban manusia dalam menjelajah luar angkasa.

Menanggapi laporan kekayaan terbarunya yang beredar di internet, Musk hanya membuat tweet: "Aneh sekali. Baiklah, waktunya kembali bekerja." (*)

 

Related Articles
Current Issues
Jokowi Tawari Elon Musk Berinvestasi dan Meluncurkan Roket SpaceX di Indonesia

Interest
Bos Amazon Berencana Kirim Astronot Perempuan Pertama untuk Mendarat di Bulan

Tech
Crew Dragon Sukses Daratkan Kembali Bob dan Doug di Bumi