Tech

Update Baru Facebook Hilangkan Tombol Like. Follower Kini Jadi Indikator Utama.

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 7th 2021

Facebook melakukan pendesainan ulang untuk tampilan fitur page. Update terbaru itu dilakukan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para kreator dan figur publik yang menggunakan fitur Facebook Page.

Update bukan hanya dari segi tampilan, tetapi juga fungsi seperti navigasi, fitur Q&A dan tools lainnya. Selain itu, tombol like juga tampak menghilang dan jumlah pengikut Facebook Page tersebut menjadi lebih menonjol, sehingga pengunjung dapat melihat dengan lebih jelas berapa jumlah orang yang dijangkau. 

Versi terbaru dari Facebook page ini baru akan dapat diakses pengguna di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.

Penghilangan tampilan jumlah like pada Facebook bertujuan untuk mengilangkan misinterpretasi tentang tingkat popularitas suatu page. Pengguna Facebook biasanya menyukai suatu page karena ketertarikan akan kontennya, lalu berhenti menyukainya ketika mereka kehilangan minat. 

Kini, Facebook akan menjadikan jumlah follower sebagai parameter popularitas sebuah page. Follower, berbeda dengan like, menunjukkan berapa banyak jumlah akun yang menerima update dari page tersebut.

Selain itu, page juga akan memiliki News Feed-nya sendiri. Pemilik juga dapat menggunakan nama page untuk berinteraksi dengan pemilik page lain dan merekomendasikan grup atau page kepada pengguna Facebook secara umum.

Komentar yang ditulis lewat Facebook page akan tampak pada bagian atas comment section di tampilan utama, sehingga pengunjung akan dapat melihat langsung apa interaksi terbaru dari page tersebut. Komentar juga akan dapat muncul di news feed pengguna Facebook lain yang mengikuti page yang sama.

Page yang terverifikasi juga akan memiliki logo centang biru seperti Instagram, dan pengguna Facebook akan dapat mengikuti page via komentar atau postingan yang direkomendasikan.

Dari segi fungsional, admin pengelola page Facebook akan dapat membagi peran pengelolaan dengan admin lainnya secara lebih spesifik. Admin nantinya hanya akan dapat mengerjakan tugas yang sudah ditentukan oleh admin utama dalam kategori yang sudah tersedia, seperti Insights, Ads,, conteng, Community Activity dan Messages.

Di sisi lain, admin utama akan memiliki akses langsung dalam memberikan izin kepada admin lain, menambahkan admin baru dan mengakses insight untuk admin page. Semua itu dapat dilakukan hanya dengan mengakses tombol manage yang ada di tampilan halaman. Page juga nantinya akan mendukung aplikasi Creator Studio.

Sementara itu dari segi keamanan, menurut Facebook, update mereka memungkinkan pendeteksian dan penyaringan komentar-komentar kasar, spam, phishing dan hate speech.

Facebook mengklaim jika para pengguna yang diuji coba lebih menyukai tampilan setelah update yang lebih sederhana, termasuk kemudahan dalam berpindah dari page ke akun pribadi.

Facebook tidak memberikan tanggal pasti soal kapan fitur ini akan bisa diakses secara terbuka. (*)

Related Articles
Tech
Keren! Facebook Bangun Jaringan Kabel Internet Bawah Laut 37 Ribu KM di Afrika

Tech
Bantu Kreator Konten, Instagram Uji Coba Fitur Chat Berbentuk FAQ

Tech
WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru untuk Update Berikutnya