Tech

Dear Pengguna WhatsApp, Pilih Hapus Akun atau Berikan Data ke Facebook?

Dwiwa

Posted on January 7th 2021

Rencana WhatsApp memperbarui kebijakan privasi telah diumumkan sejak pertengahan tahun lalu. Mulai kemarin (6/1), sejumlah pengguna aplikasi perpesanan ini mulai menerima pemberitahuan terkait persyaratan layanan dan kebijakan privasi aplikasi yang diperbarui.

Pemberitahuan ini memberikan gambaran umum tentang tiga pembaruan, meliputi bagaimana WhatsApp memproses data pengguna, bagaimana bisnis dapat menggunakan layanan yang dihosting Facebook untuk menyimpan dan mengelola data obrolan WhatsApp mereka.

Selain itu, pemberitahuan tersebut juga menyebutkan tentang bagaimana WhatsApp akan segera bermitra dengan Facebook untuk menawarkan interaksi yang lebih dalam di semua produk perusahaan.

Pembaruan privasi kebijakan ini akan berlaku mulai 8 Februari 2021 dan bersifat wajib. Jika pengguna tidak setuju dengan persyaratan tersebut, mereka tidak lagi akan bisa menggunakan WhatsApp.

(MacRumors)

Dilansir dari MacRumors, persyaratan dan kebijakan privasi baru ini tampaknya dibuat berdasarkan perubahan yang diumumkan pada Juli 2020, di mana pengguna memiliki pilihan untuk tidak membagikan informasi akun WhatsApp dengan Facebook. Tetapi dalam pembaruan kali ini, pilihan itu ditiadakan.

Jika pengguna menyetujui persyaratan yang diperbarui ini, akan banyak data WhatsApp yang akan dibagikan ke Facebook. Mulai akun WhatsApp, nomor telepon, transaksi data, informasi terkait layanan, informasi interaksi, informasi perangkat, alamat IP, dan informasi lain yang diidentifikasi atau diperoleh setelah pemberitahuan atau berdasarkan persetujuan pengguna.

Terkait bagaimana Facebook akan menggunakan informasi ini, kebijakan menyatakan bahwa data yang dibagikan digunakan untuk memahami bagaimana layanan mereka digunakan. Juga untuk meningkatkan layanan, memberikan saran untuk pengguna, mempersonalisasi fitur dan konten, dan menampilkan penawaran dan iklan yang relevan di seluruh Produk Perusahaan Facebook.

Pembaruan membantu WhatsApp untuk berintegrasi lebih dekat dengan keluarga produk Facebook, karena bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih koheren kepada pengguna di seluruh layanan.

Sementara perubahan tersebut membantu Facebook untuk mencapai tujuan yang lebih besar, berbagi data tingkat tinggi yang akan dilakukan oleh pengguna WhatsApp dapat meningkatkan masalah privasi.

Bulan lalu, WhatsApp secara terbuka memprotes persyaratan Apple bahwa pengembang mengirimkan informasi tentang data pengguna tentang apa yang mereka kumpulkan untuk label privasi di App Store. WhatsApp mengatakan bahwa ini bisa memberikan kerugian kompetitif bagi aplikasi perpesanannya.

Bagaimana menurut kalian? Kira-kira pilih setuju untuk membagikan data di WhatsApp kepada Facebook atau memilih menghapus akun nih? (*)

Related Articles
Tech
Gara-Gara WhatsApp “Berulah”, Signal dan Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

Tech
Begini Nasib Akun Kamu Jika Pilih Tolak Kebijakan Privasi Baru WhatsApp

Tech
Melunak, WhatsApp Tunda Pemberlakuan Kebijakan Data-sharing Baru