Korea

Sejarah Antara JYP dan AOMG, Agensi yang Siap Terima Yugyeom

Delima Pangaribuan

Posted on January 7th 2021

 
Salah seorang member GOT7, Yugyeom, dikabarkan tengah dalam diskusi untuk pindah ke agensi baru setelah kontraknya habis dengan JYP Entertainment. Agensi yang paling santer disebut adalah AOMG yang didirikan Jay Park. Begitu mendengar nama agensi tersebut, warganet Korea Selatan langsung pasang kuping karena pasti bakal banyak bumbu-bumbu mengingat sejarah panjang antara JYP dan AOMG.
 
Seperti diberitakan Koreaboo, AOMG didirikan oleh Jay Park yang dulunya merupakan anggota 2PM. Ya, grup di bawah asuhan JYP Entertainment. Nama 2PM cukup terkenal di kalangan boy group KPop generasi kedua, bersama Super Junior, Big Bang, dan lain-lain. Tapi, perjalanan 2PM sempat agak tersendat ketika skandal menerpa Jay Park ada September 2009.
 
Waktu itu, Jay Park menerima banyak kritik dari warganet atas komentar yang dia tulis di MySpace 2005. Empat tahun sebelumnya. Fans pun meminta JYP mengeluarkan Jay Park dari grup, namun JYP Entertainment mengambil sikap mempertahankan Jay karena dia merupakan leader grup.

 
Tapi gak lama kemudian, Jay Park mengumumkan ke publik kalau dirinya bakal keluar dari 2PM. Sambil meminta maaf juga pada para member, dia menyatakan hengkang dari grup melalui Fancafe. Sudah terlanjur keluar, eh... publik baru tahu kalau sebenarnya Jay Park cuma korban framing. Komentarnya di MySpace, karena ditulis dalam bahasa Inggris, harus diterjemahkan dan terjemahannya salah total. 
 
Nasi sudah jadi bubur. Para member 2PM sendiri berharap Jay Park bisa kembali ke grup dan berkali-kali mengungkapkan keinginan mereka itu lewat berbagai tayangan. Mulai dari penampilan di panggung acara musik, acara awards, bahkan disampaikan lewat album perdana mereka, 1:59 PM. Tapi Jay Park gak pernah kembali.
 
JYP Entertainment kemudian mengumumkan kalau kontrak Jay Park diputus pada 2010 karena masalah yang gak diungkapkan ke publik pada 2009. Bukan perkara komentar MySpace. Dari situ, fans marah karena gak ada transparansi atau penjelasan gamblang sejak awal dari agensi. Mereka sampai memboikot merchandise 2PM dan melayangkan protes.

 
Itu cerita 10 tahun lalu. Sekarang, Jay Park diketahui sukses sebagai pebisnis. Dia sempat meniti karir solo, namun terjegal terus karena JYP Entertainment melarangnya tampil di berbagai stasiun televisi. Gak boleh tampil? Gak masalah. Jay Park memilih jalan lain dengan mendirikan agensi sendiri dan menaungi berbagai artis R&B dan hip hop. Agensi bernama AOMG itu menjadi rumah bagi Loco, Gray, Simon Dominic, dan eks solois YG Lee Hi.
 
Warganet pun menilai kepindahan Yugyeom bakal menjadi babak bar dalam drama antara Jay Park dan JYP Entertainment. Banyak yang menyebut bahwa ini adalah drama 'balas dendam' dunia nyata yang paling menarik saat ini. Kita tunggu perkembangannya, ya. (*)
Artikel Terkait
Korea
Unfollow Member, Fans Duga Ada Masalah Antara JY Park dan GOT7

Korea
AOMG Umumkan Yugyeom GOT7 Resmi Bergabung

Korea
Semua Member GOT7 Putuskan Tak Perpanjang Kontrak, Ini Rencana Mereka