Hobi

Prediksi Pakar: Penjualan Nintendo Switch Pro Bakal Kalahkan PS5 di 2021

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 6th 2021

Tahun 2021 diawali dengan banyak prediksi. Termasuk dari para analis industri. Salah satu hal yang diprediksi oleh mereka berhubungan dengan perilisan Nintendo Switch Pro. Beberapa di antara mereka bahkan mengatakan jika penjualan konsol handheld terbaru ini akan membantu Nintendo Switch untuk melampaui penjualan Playstation 5 dan XBox Series X.

Prediksi ini sebenarnya sudah dicetuskan sejak akhir tahun lalu. Di mana pengembang Nintendo Switch dikabarkan akan membawa resolusi 4K ke Nintendo Switch. Tentu saja hal tersebut juga diserta sejumlah rumor liar soal Nintendo Switch Pro. Tapi Presiden Nintendo Amerika, Doug Bowser telah membantah semuanya.

Bowser sejauh ini hanya bersedia mengatakan jika perusahaan mereka sedang berfokus terhadap pengembangan standar dan model Nintendo Switch Lite. Meski demikian, konfirmasi tersebut tidak menyurutkan harapan para analis.

GameIndustry.biz baru-baru ini mengumpulkan prediksi dari para pakar terkait industri konsol di 2021. Tentu saja tidak semua pakar dan analis sepakat jika Nintendo Switch Pro akan meledak. Analis dari NPD, Mat Piscatella contohnya, tidak yakin jika Nintendo akan menjadikan Switch Pro sebagai "model terbaru" Nintendo di 2021.

Di sisi lain, Dr. Serkan Toto dan Serkan Games menduga jika 2021 akan menjadi tahun yang ideal bagi hardware refresh, alias pergantian tren pemain dengan jenis game konsol baru. Pendapat senada juga disuarakan oleh Piers Harding-Rolls dari Ampere Analysis. Walau demikian, ketiganya juga menduga jika Nintendo Switch akan "mencuri panggung" sekali lagi di 2021, sebagai konsol dengan penjualan terbaik. Terlepas dari pengaruh hardware baru, software baru maupun gabungan keduanya.

Jika melihat polanya, Nintendo selama ini memang tidak terlalu tertarik mendaur ulang konsol mereka dengan memberikan sentuhan teknologi baru. Selain itu, Nintendo Switch tahun lalu juga terjual laris manis. Maka tidak ada dorongan lebih bagi Nintendo untuk menambahkan teknologi 4K pada tampilan grafis layarnya, agar bisa bersaing dengan konsol keluaran Sony atau Microsoft.

Nintendo juga sudah mengonfirmasi sebanyak 100 game terbaru yang akan dirilis di 2021.  Itu berarti pemain Switch tidak akan kehabisan pilihan dalam bermain sepanjang tahun ini.(*)

Related Articles
Hobi
Siap Dirilis September Nanti, Nintendo Switch Pro akan Dipamerkan di E3 2021

Hobi
Akankah Among Us Muncul di Nintendo Switch?

Hobi
Versi Demo Monster Hunter Rise Dapat Dimainkan di Nintendo Switch Bulan Depan