Lifestyle

Diet Mediterania Jadi yang Terbaik di 2021, Apa Sih Kelebihannya

Dwiwa

Posted on January 6th 2021

Diet Mediterania kembali mendapatkan medali emas sebagai diet terbaik 2021 menurut peringkat yang diumumkan pada Senin oleh US News &World Report. Selama empat tahun berturut-turut diet ini telah dinobatkan sebagai yang terbaik.

Berada di bawah diet mediterania, ada juga diet DASH yang merupakan singkatan dari dietary approach to stop hypertension atau pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi berada di posisi selanjutnya. Lalu ada diet Flexitarian, yang mendorong orang menjadi vegetarian hampir sepanjang waktu, tetapi cukup fleksibel untuk sesekali makan burger.

Lalu apa sih kesamaan dari ketiga diet ini sampai bisa disebut menjadi yang terbaik di 2021? Dilansir dari CNN, ketiga diet ini sama-sama mengurangi atau menghilangkan makanan olahan dan fokus pada makanan yang penuh dengan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum utuh.

Sedangkan diet Dukin dan Keto, yang lebih menekankan pada makanan tinggi protein atau lemak dan mengurangi karbohidrat berada di dua urutan terakhir dari peringkat diet. Diet tersebut biasanya dinilai buruk oleh para ahli karena sangat ketat, sulit diikuti, dan menghilangkan seluruh kelompok makanan yang tidak direkomendasikan oleh pedoman diet.

Untuk menilai jenis diet tersebut, panel ahli penyakit jantung dan diabetes, nutrisi, diet, psikologi makanan dan obesitas meninjau penelitian tentang diet di jurnal medis, laporan pemerintah dan sumber lain.

“Kami telah mengumpulkan panel yang terdiri dari 24 ahli yang menjalani pola diet, penurunan berat badan dan obesitas,” ujar Angela Haupt, editor pengelola kesehatan di US News & World Report.

Dia menambahkan jika para ahli menilai setiap diet berdasarkan sejumlah ukuran yang berbeda: seberapa mudah diikuti, seberapa kemungkinannya mengarah pada penurunan berat badan jangka panjang, seberapa sehat dan aman, dan  seberapa efektif dalam mencegah atau mengendalikan kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Selain menentukan diet terbaik, analisis dari 39 rencana diet juga menempatkan diet Mediterania di posisi teratas dalam kategori diet nabati terbaik. Di posisi kedua ada diet Flexitarian  yang disusul diet Nordic, yang mempromosikan makan-makanan lokal yang rendah glikemik.

Diet Mediterania bersama dengan DASH dan Ornish juga menjadi diet terbaik untuk kesehatan Jantung. Diet Ornish dibuat pada 1977 oleh Dean Ornish, lembaga nonprofit Preventive Medicine Research Institute di California.

Diet Mediterania juga dikaitkan dengan Flexitarian sebagai diet terbaik untuk diabetes, bersama dengan diet weight watcher (WW) menjadi diet yang paling mudah diikuti dan dengan DASH menjadi diet terbaik untuk makan sehat.

Banyaknya penghargaan yang didapat oleh diet Mediterania bukan sesuatu yang mengherankan. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan jika diet ini dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, demensia, kehilangan ingatan, depresi, dan kanker payudara.

Makanan dari wilayah Mediterania yang cerah juga telah dikaitkan dengan tulang yang lebih kuat, jantung lebih sehat, dan umur lebih panjang.

Diet ini menyajikan masakan nabati yang sederhana, dengan mayoritas dari makanan fokus pada buah dan sayuran, gandum utuh, kacang dan biji-bijian, dengan sedikit kacang-kacangan dan penekanan pada penggunaan minyak zaitun ekstra virgin.

Tidak ada lagi gula refinasi dan tepung kecuali pada saat-saat tertentu yang sangat langka. Lemak selain minyak zaitun seperti mentega jarang dikonsumsi. Daging-dagingan juga jarang dikonsumsi dalam diet ini.

Sedangkan makanan seperti telur, susu dan unggas dapat dikonsumsi tetapi dalam porsi kecil. Sedangkan ikan akan menjadi makanan pokok dalam jenis diet ini.

“Ini lebih dari sekadar diet, ini adalah gaya hidup. Ini juga mendorong orang untuk makan bersama teman dan keluarga, bersosialisasi melalui makanan, menikmati makanan favorit, serta melakukan gerakan dan olahraga untuk gaya hidup sehat yang lengkap,” jelas Rahaf Al Bochi, ahli gizi terdaftar Atlanta yang mengajarkan diet Mediterania kepada kliennya.

Nah, itu tadi alasan mengapa diet Mediterania sering disebut sebagai diet terbaik. Dietnya sederhana, tidak ketat, dan mudah untuk diikuti. Bisa nih dicoba buat kalian yang sedang ingin turun berat badan atau memulai hidup sehat. (*)

Related Articles
Lifestyle
Coba Puasa Soda 100 Hari, Ini Manfaat yang Bakal Kamu Dapet

Lifestyle
Jangan Terkecoh, Smoothie Juga Bisa Bikin Gendut Kalau...

Lifestyle
Ingin Berumur Panjang? Aturan Diet Jepang Ini Bisa Dicoba