Hobi

4 Turnamen Esports Besar yang Tetap Digelar di 2021

Dika Afandi N

Posted on January 5th 2021

Memasuki 2021 pandemi Covid-19 di sejumlah negara masih belum melandai. Meskipun vaksin sudah tersedia, namun tak ada jaminan pandemi ini akan segera berakhir.

Meski begitu sejumlah turnamen esports tetap dijadwalkan digelar. Termasuk sejumlah turnamen besar. Konsepnya tetap sama kebanyakan digelar online. Berikut Harian Disway merangkum beberapa turnamen besar yang dijadwalkan digelar tahun ini.

 

1. MLBB World Championship 2020 (M2)

Event ini rencananya digelar pada Januari 2021. Mobile Legends World Championship (M2) akan digelar kedua kalinya. Yang pertama bernama M1, digelar tahun lalu. Tim asal Indonesia, Evos Legends berhasil menjadi juaranya.

M2 rencananya digelar di Hotel Shangri-La, Singapura. Diikuti sebanyak 12 tim dari 9 negara. Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, M2 memberlakukan peraturan ketat untuk menjaga keselamatan tim dan kru. Rencananya, ajang ini berlangsung selama 6 hari. Mulai 18 Januari sampai dengan 20 Januari untuk group stage. Lalu dilanjutkan 22-24 Januari untuk playoff.


 

2. Dota 2 Pro Circuit

Dota 2 Pro Circuit merupakan turnamen resmi yang digelar Valve, developer Dota 2. Turnamen ini sudah berjalan. Tahap kualifikasi untuk regional Eropa sudah dimulai 4 Januari 2020. Sedangkan untuk regional Tiongkok dan Asia Tenggara dimulai 5 Januari. Valve menyebut tim peserta akan mengikuti serangkaian agenda turnamen ini untuk berebut tiket ke puncak dari turnamen Dota 2, The International.

 

 

3. MPL Season 7

Selain M2, turnamen Mobile Legends: Bang Bang yang banyak dinantikan oleh para penggemar adalah MPL Season 7. MPL Season 7 ini akan digelar mulai Februari hingga April 2020. Banyak tim yang sudah mempersiapkan diri dengan menyusun rosternya. Evos Legends yang sudah merekrut LJ, Luminaire, dan Antimage. Ada juga transfer besar lainnya, yakni Xorn ke tim Geek Fam.

 

4. The International 10

Turnamen ini harusnya digelar pada 2020. Namun karena pandemi, TI10 akan dihelat di 2021. Rencananya turnamen ini digelar pada September 2021. Namun bisa lebih maju karena jadwal DPC (Dota 2 Pro Circuit) juga berakhir lebih cepat. Bila tempat tidak ada perubahan lagi, TI 10 akan dihelat di Stockholm, Swedia.

Prize pool TI 10 saat ini sudah melampaui target Valve. Turnamen ini sudah mengumpulkan 40 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari battle pass. Dengan prize pool sebesar itu pasti akan menambah motivasi para tim yang berjuang mencapai di TI 10. Sebelumnya tim yang menjuarai TI 9 adalah OG team dari regional Eropa.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Hari Pertama M2, Omega Esports dari Filipina Tak Terbendung

Hobi
Hasil M2 2021: Tumbangkan Impunity KH, Evos SG ke Lower Bracket

Hobi
Sering Nge-lag, Alter Ego Gagal Maksimalkan Scrimmage Lawan Dreammax