Tech

Honda Ciptakan Kurumask, Masker untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Mobil

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 5th 2021

Penularan Covid-19 dapat terjadi di ruangan tertutup yang udaranya tidak tersirkulasi dengan baik, termasuk di dalam kendaraan. Oleh karena itu, bepergian menggunakan mobil selama pandemi dapat menjadi lebih menakutkan daripada biasanya.

Dalam menghadapi situasi seperti itu, perusahaan otomotif asal Jepang, Honda menciptakan inovasi bernama Kurumask. Ini merupakan singkatan dari kuruma yang berarti mobil dan mask yang berarti masker.

Sesuai namanya, Kurumask berfungsi layaknya masker bagi mobil sistem sirkulasi udara di dalam kabin mobil. Kurumask berbentuk seperti pelapis tipis yang menutupi filter udara di dalam kabin mobil.

Permukaannya didesain dengan khusus dengan bentuk menyerupai jutaan duri kecil yang dapat menangkap partikel dlam berbagai jenis ukuran, termasuk yang berukuran nano. Permukaan duri tersebut begitu kecil, hingga terasa halus di kulit manusia.

Honda mengatakan jika Kurumask dibuat dari senyawa seng fosfat, bahan sama yang digunakan untuk mencegah pengaratan pada mobil. Honda mengembangkan Kurumask bekerja sama dengan Kitasato Research Center for Environmental Science.

Honda mengklaim jika Kurumask dapat menyaring partikel droplet yang mengandung virus korona hingga 99,8% selama 15 menit penggunaan pertama. Selebihnya, Kurumask dapat dipergunakan hingga perjalanan sejauh 15.000 kilometer sebelum diganti dengan yang baru. Kurumask juga dapat menyaring droplet yang mengandung virus lain selain SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

Menurut Honda, dalam kondisi normal, biasanya dibutuhkan riset hingga bertahun-tahun untuk dapat menghasilkan produk seperti Kurumask, namun Honda melakukan percepatan proses pembuatannya karena kondisi pandemi.

Honda diketahui memang telah bekerjasama dengan pemerintah Jepang dalam mengatasi pencegahan penyebaran virus korona lewat kendaraan, dan Kurumask merupakan salah satu output dari kerjasama tersebut.

Kurumask sudah dirilis di Jepang pada Natal tahun lalu dengan hanya satu model, yaitu N-Box yang berhubungan dengan mobil Honda N-One yang dijual di Jepang. Kurumask N-Box tersedia sebagai aksesoris dealer yang dijual seharga USD68 (sekitar Rp.947 ribu). (*)

Related Articles
Tech
Teknologi Facial Recognition Dikembangkan untuk Mengenali Wajah Bermasker

Interest
8 Museum Mobil Ini BIsa Kamu Kunjungi Secara Virtual Selama Pandemi

Tech
Masker Grafena Diklaim dapat Tangkal Transmisi SARS-CoV-2 Hingga Hampir 100%