Tech

Siap-Siap, Samsung Bakal Perkenalkan Galaxy S21 Minggu Depan

Dwiwa

Posted on January 4th 2021

 

Samsung Electronics Co pada Senin mengonfirmasi bahwa model baru dari smartphone flagship mereka akan diperkenalkan minggu depan. Ini sebagai bagian upaya dari raksasa teknologi asal Korea Selatan ini melawan Apple dan merek asal Tiongkok yang kian agresif merilis produk barunya.

Dilansir dari The Korea Herald, Samsung Galaxy S21 akan  diperkenalkan  di acara online pada 14 Januari dengan tema Galaxy Unpacked: Welcome to the Everyday Epic.

“Selama setahun terakhir, teknologi mobile telah menjadi pusat perhatian dalam kehidupan sehari-hari karena orang-orang bekerja dari jarak jauh dan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Peralihan yang dipercepat ke dunia yang mengutamakan perangkat mobile membawa serta kebutuhan perangkat yang dapat mengubah kehidupan sehari-hari menjadi pengalaman luar biasa,” jelas Samsung.

Samsung, vendor smartphone terbesar di dunia, biasanya melangsungkan acara semacam itu tiap Februari. Tetapi tahun ini, perusahaan memutuskan untuk memperkenalkannya lebih awal demi mengatasi situasi yang menantang.

Samsung belum mengonfirmasi spesifikasi yang dibawa keluarga Galaxy S21, tetapi sumber industri mengatakan perangkat ini akan datang dengan tiga model, S21 dengan layar 6,2 inci, S21 Plus dengan layar 6,7 inci, dan S21 Ultra dengan layar 6,8 inci.

S-21 Ultra kelas atas dilaporkan mendukung stylus S-Pen yang telah digunakan di phablet Galaxy Note.

Teaser video untuk acara Galaxy Unpacked memperlihatkan bahwa seri Galaxy S21 akan memiliki desain modul kamera belakang yang disempurnakan dan hadir dengan pilihan warna phantom violet. Sumber mengatakan Samsung mungkin akan meluncurkan perangkat Galaxy S21 pada 29 Januari.

Menurut peneliti Strategi Analisis, Samsung memiliki pangsa pasar 19,5 persen dalam hal pengiriman smartphone tahun lalu, yang merupakan pertama kalinya sejak 2011 pangsa pasarnya turun di bawah 20 persen.

Apple mengambil posisi kedua dengan 15,5 persen saham pada 2020 berkat seri iPhone 12-nya, sementara Huawei Technologies Co. Dari Tiongkok berada di posisi ketiga dengan 14,4 persen.

Di 2021, Strategi Analisis memperkirakan pangsa pasar Samsung turun menjadi 18,8 persen, sedangkan Apple diperkirakan akan meningkat menjadi 16,4 persen. (*)

Related Articles
Tech
Bakal Rilis iPhone 13, Apple Gelar Event 14 September Mendatang

Tech
Xiaomi Pamerkan Kacamata Pintar dengan Layar MicroLED

Tech
Suka Lupa Cuci Tangan? Mungkin Fitur dari Samsung Galaxy Watch Ini Bisa Membantu