Interest

Pakar Investasi Prediksi Nilai Bitcoin Kembali Naik 4 Kali Lipat di Tahun 2021

Ahmad Redho Nugraha

Posted on January 4th 2021

Di masa pandemi yang penuh ketidak pastian, Bitcoin menjadi sala satu medium investasi favorit bagi sebagian orang. Sepanjang 2020, nilai Bitcoin meningkat dengan drastis hingga 300%, dan pakar memperkirakan jika peningkatan yang lebih tinggi akan terjadi di 2021.

Salah satu pakar yang memperkirakan demikian adalah Tom Lee dan Fundstrat. Dalam wawancaranya dengan CNBC, dia menyebutkan jika berdasarkan nilai Bitcoin yang sekarang, yaitu USD 29.000 (sekitar 401 juta), maka tahun ini setidaknya akan terjadi peningkatan nilai hingga empat kali lipat menjadi USD116.000 (sekitar Rp. 1,6 miliar)

Dia mengatakan jika peristiwa yang sama juga turut terjadi di tahun 2017 silam. Melalui Twitter-nya, Lee mengatakan jika kondisi 2020 serupa dengan kondisi pada 2016, yakni terjadi halvening. Ini merupakan kondisi ketika reward bagi miner Bitcoin yang berhasil menyelesaikan masalah blockchain dalam sistem dipotong menjadi hanya tinggal separuhnya.

Lebih lanjut, lewat twitnya Lee memprediksi jika nilai Bitcoin di 2021 akan mengalami peningkatan parabolik seperti yang terjadi di tahun 2017 dulu.

Di lain sisi, pakar strategi aset Fundstrat David Grider menilai jika Bitcoin akan melampaui USD 40.000 (sekitar Rp 559 juta) pada tahun mendatang. Grider mengatakan jika ada banyak faktor yang dapat mempertahankan memontum positif untuk berinvestasi di Bitcoin, dan dia percaya jika faktor-faktor tersebut akan terus bertahan.

Meski demikian, jika bursa saham membaik di tahun mendatang, maka minat investor untuk Bitcoin kemungkinan juga akan turun. Begitu menurut Lee. (*)

Related Articles
Tech
Elon Musk dan 'Penambang' Bitcoin Berkomitmen Atasi Masalah Kripto

Current Issues
Wali Kota Terpilih New York City Ingin Digaji Pakai Bitcoin

Tech
Kripto Jatuh, Elon Musk Nge-Tweet Emoji Tangan Berlian. Apa Maksudnya?