Lifestyle

10 Tips Praktis Mengatur Makanan Agar Lebih Sehat dan Berenergi di Tahun Baru!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 3rd 2021


(Taste)

Siapa nih yang salah satu resolusi tahun barunya bisa punya tubuh ideal dan lebih sehat? Pasti banyak ya. Nah, salah satu hal yang paling penting biar badan makin sehat adalah makanan. Biar kita bisa konsisten makan makanan yang penuh nutrisi, simak deretan tips mudah di bawah ini.

1. Setengah dari setiap porsi makanan adalah sayur!

Daripada terlalu banyak mengonsumsi kalori, perbanyak sayur. Setengah dari porsi makanan, isi dengan sayur. Rendah kalori, tinggi serat, nutrisinya lebih tinggi dan bikin imun kita lebih kuat.

2. Siapkan camilan sehat sebelum pengin ngemil

Kalau sore-sore mulut mulai minta dimanjakan pakai makanan ringan, pastikan kamu punya snack sehat biar gak tersesat di camilan yang bikin tubuh gak sehat. Bisa sereal corn flakes yang nggak manis, granola, atau buah. Pokoknya harus ada stok deh, antisipasi kalau tiba-tiba mau mengunyah.

3. Tambahkan pisang di bubur oatmeal

Suka sarapan pakai oatmeal? Daripada pakai pemanis seperti gula atau madu, mendingan tambahkan aja pisang. Rasa manisnya dapat, nutrisinya lebih banyak.

4. Gunakan bunga kol untuk asupan kalori

Percaya tau nggak, bunga atau kembang kol ternyata bisa lho jadi asupan kalori. Hasilnya lebih tinggi serat dan protein.

5. Buat makanan sebisa mungkin selalu warna-warni

Bukan cuma bikin kita nafsu makan, warna-warni makanan menunjukkan kalau kandungan antioksidan dan vitaminnya tinggi. Hanya berlaku buat bahan natural seperti sayuran dan buah ya, bukan pakai pewarna.

6. Mulai kurangi produk berbahan susu

Produk berbahan susu bisa menyebabkan jerawat sampai pencernaan kurang lancar. Mulai hindari secara rutin, misalnya satu hari dalam seminggu gak konsumsi susu sama sekali.

7. Meal prep!

Kalau kamu punya freezer dan microwave, atur jadwal untuk menyiapkan makanan. Masak sampai jadi, lalu bekukan deh. Kalau mau dimakan, tinggal dihangatkan. Ini menghemat waktu dan mencegah kamu makan makanan yang kurang sehat. Siapkan untuk makan seminggu, kalau bisa. Biar gak repot masak-masak lagi.

Jangan lupa sama snack. Bisa bikin overnight oat, yogurt popsicle, atau apapun yang sehat dan bisa awet di kulkas.

8. Foto makanan

Memfoto apa yang kita makan pas lagi berusaha diet atau mengatur pola makan bisa membantu kita tetap termotivasi lho. Kalau bisa dikirimkan ke orang yang suportif, bakal lebih baik lagi.

9. Ganti es krim dengan buah beku

Es krim punya kalori yang tinggi banget. Biar lebih sehat, stok buah-buah beku yang cocok jadi pengganti es krim seperti berry, pisang, kiwi, dan lain-lain. Bekukan buah lalu blender sampai jadi seperti es krim. Mirip, tapi lebih sehat~

10. Selalu bawa air minum

Setiap kali merasa haus, minum air putih aja. Jangan yang lain apalagi yang manis-manis. Memenuhi kebutuhan air bakal bikin kita merasa lebih berenergi, bikin tetap kenyang, mencegah sembelit, dan bikin kulit jadi glowing. Kalau kurang suka minum air putih, tambahkan potongan buah segar biar ada rasanya. Mirip infused water gitu lho.

Buat kamu yang tahun ini pengin konsisten makan makanan sehat, terus lakukan setiap hari sampai terbiasa ya! Ingat, gak ada hasil yang instan. Barengi juga makanan sehat dengan olahraga biar tubuh makin fit.(*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Alasan Penting Kenapa Kita Harus Makan Lebih Banyak Sayuran

Lifestyle
Kalian Penggemar Makanan Olahan? Ketahui Dulu Yuk Dampak Buruknya

Lifestyle
Awas Kalap Saat Lebaran! Lakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat Saat Idul Fitri