Lifestyle

Di 2020, Gen Z Salip Milenial Dalam Hal Sneakerhead

Dwiwa

Posted on January 1st 2021

Ketika 2020 berakhir, industri sneaker termasuk salah satu yang mengalami kisah sukses. Hal itu dibuktikan dalam banyak hal. Mulai dari penjualan sepatu termahal yang pernah dipakai Michael Jordan dalam sebuah dilelang. Sampai munculnya situs reseller yang berfokus pada sepatu seperti StockX.

Selain itu, semakin populernya streetwear di kalangan remaja pada 2020 juga mendukung makin berkibarnya industri sneaker. Dilansir dari SCMP, ketika pandemi Covid-19 mengguncang dunia sepanjang 2020, industri fashion sebenarnya termasuk yang terdampak. Mereka mengalami krisis terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Namun dengan terus berkembangnya pasar untuk sneaker dan streetwear, menjadi bukti jika industri fashion sebenarnya lebih dari sekadar tangguh.

Ketika pandemi menimbulkan krisis ekonomi, justru sepatu Nike Air Jordan 1s berhasil menjadi sepatu termahal yang pernah dilelang. Sepatu yang pernah digunakan Michael Jordan saat pertandingan pada 1985 itu berhasil dijual seharga USD 560 ribu. Atau setara Rp 7,8 miliar. Sepatu ini juga dilengkapi dengan tanda tangan Michael Jordan.

Pada 2020, sepatu kolaborasi antara Dior dan Air Jordan juga menjadi salah satu yang paling diminati. Menurut WWD, lebih dari 5 juta orang berebut untuk mendapatkan sneaker Air Jordan 1 x Dior. Padahal, hanya ada 8 ribu pasang sepatu yang tersedia untuk umum. Sedangkan 5 ribu lainnya dibuat khusus bagi klien utama Dior yang mendapat undangan untuk membelinya.

Di tahun yang penuh tragedi akibat pandemi ini, generasi Z juga telah menggeser milenial sebagai hypebeast dan sneakerhead. Gen Z ini akan selalu berusaha up to date soal sneaker keluaran terbaru. Mereka dengan segala cara berupaya membawanya pulang sneaker favorit mereka ke dalam lemari.

Apalagi, generasi yang tumbuh bersama dengan teknologi ini telah menjadi fokus baru bagi label streetwear. Seperti misalnya yang dilakukan merek asal Thailand Carnival dan Palace Skateboard yang berbasis di Inggris.

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan platform digital seperti TikTok dan Instagram yang semakin banyak digandrungi oleh para remaja masa kini juga turut mendukung kesuksesan industri sneaker. Platform ini pun dijadikan media untuk merayu dan menarik remaja dan anak-anak untuk membeli produk mereka.

Dan tampaknya, popularitas sneaker tidak akan hilang meski tahun sudah berganti. Bahkan sepatu jenis ini digadang-gadang menjadi salah satu item yang akan tetap digandrungi di 2021. Pasalnya, selain nyaman, sneaker juga mudah dipadupadankan dengan gaya apapun.

Menurut Who What Wear, akan ada lima jenis sepatu sneaker yang tren di 2021. Mulai dari  sneaker bergaya retro, athletic sneaker, sneaker berwarna mencolok bergaya color-blocked, sneaker kanvas klasik, dan high-top sneaker. Nah, kalau kalian, sneaker mana nih yang paling jadi favorit? Eits jangan lupa loh, sepatu AZA 6.9 sudah bisa dipesan lagi. Buruan pesen, sebelum kehabisan seperti batch pertama. Lagi jadi trending item di Blibli loh. Segera merapat ya...

 

(*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Nike AJ "Chicago", Signature Shoes Pertama Michael Jordan Dilelang Online

Lifestyle
Penawaran Lelang Air Jordan Edisi Perdana "Chicago" Sudah Pecahkan Rekor

Lifestyle
5 Sepatu Air Jordan Termahal yang Pernah Dilelang