Current Issues

Banyak Zona Merah Nih, Yuk Tahun Baruan di Rumah Aja

Dwiwa

Posted on December 30th 2020

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih belum ada tanda-tanda penurunan. Setiap hari selalu ada ribuan penambahan kasus harian. Bahkan dalam seminggu terakhir angkanya selalu di atas 6 ribu kasus dan hingga Selasa (29/12) total sudah ada 727.122 orang terinfeksi.

Bukan hanya jumlah kasus baru saja yang terus bertambah, tetapi zona merah yang sebelumnya sempat menurun juga mengalami lonjakan yang cukup signifikan.  Berdasarkan keterangan juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, peningkatan ini dimulai sejak November.

“Awal November, jumlah zona merah hanya sebanyak 19 dari 314 kabupaten/kota. Namun di pekan ini angkanya meningkat drastis jadi 76 kabupaten/kota,” ujarnya dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lonjakan tajam zona merah Covid-19 ini paling banyak terjadi pada sepekan terakhir dimana pekan lalu jumlahnya masih 60 kabupaten/kota. Menurut Wiku, adanya lonjakan kasus ini menjadi pertanda buruk untuk kasus Covid-19 di Indonesia.

Sebab, dengan semakin tingginya jumlah zona merah berarti risiko penularan di kabupaten/kota di Indonesia mengalami perkembangan ke arah yang tidak baik. Zona merah terbanyak berada di Jawa dimana semua provinsinya memiliki kabupaten.kota dengan zona merah.

Jawa Tengah menjadi wilayah terbanyak dengan total 17 kabupaten/kota dengan zona merah. Kemudian disusul Kalimantan Tengah dan Jawa Timur dengan masing masing 8 kabupaten/kota. Lalu ada Sulawesi Utara yang memiliki 7 kabupaten/kota dengan zona merah.

Bali, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat masing-masing memiliki empat wilayah zona merah. Bengkulu memiliki tiga daerah zona merah sedangkan Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan timur masing-masing dua wilayah.

Wilayah di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Maluku, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Gorontalo, juga tak luput dengan masing-masing memiliki satu zona merah.

Wah, kalau fakta di lapangan kayak gini, kayaknya tahun baru memang lebih baik di rumah aja nih. Dengan di rumah aja, sama artinya dengan membantu menghentikan penularan Covid-19 dan menyelamatkan banyak nyawa yang mungkin akan mengalami sakit parah akibat penyakit ini.

Jangan lupa juga ya untuk selalu menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer, dan menjaga jarak minimal 2 meter. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Menurut CDC, Ini 6 Cara Ampuh Hindari Covid-19 di 2021

Current Issues
Dari Total Kasus Covid-19 di Indonesia, 8,87 Persennya Anak Sekolah

Current Issues
Zona Merah Makin Banyak, 108 Daerah Punya Risiko Tinggi Covid-19