Tech

Google Uji Coba Tampilkan Hasil Pencarian Berbentuk Video TikTok dan Instagram

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 30th 2020

(Mengandung gambar dari Search Engine Roundtable)

Selama ini kalau kita ketik yang mau kita cari di Google, yang muncul paling hanya artikel, foto, atau video dari topik yang kita pilih. Nah, sekarang raksasa teknologi satu ini lagi uji coba biar hasil pencarian juga menampilkan video singkat dari TikTok dan Instagram. Makin lengkap aja nih~

Sekumpulan video pendek ini bakal punya bagian tersendiri dengan nama Short Videos. Video yang ditampilkan pastinya berkaitan dengan apa yang kita masukkan di kolom pencarian. Sumber videonya beragam, mulai dari TikTok, Instagram, Tangi (platform video pendek buatan Google sendiri), Trell (kompetitor TikTok di India), dan YouTube (lagi eksperimen sama video singkat juga).

Uji coba hasil pencarian baru ini pertama kali ditemukan oleh Search Engine Roundtable. Deretan video pendek dari TikTok dan Instagram muncul ketika mencari kata ’packers‘ di aplikasi Google. Hasil video singkat tersebut muncul bersamaan dengan informasi umum tentang tim olahraga itu dan artikel berkaitan, persis seperti hasil pencarian normal.

Hasil pencarian Google yang menampilkan video TikTok dan Instagram (TechCrunch)

Kalau video singkat itu diklik, kita bisa menonton tapi tetap di dalam Google, bukan pindah ke aplikasi yang jadi sumber video tersebut walaupun sudah terinstal di ponsel. Kalau mau kembali ke halaman pencarian, ada panah kembali yang bisa diklik. Kemungkinan ini biar kita menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi Google.

Video pendek di bagian discover aplikasi Google (9to5Google)

Sebelumnya Google sudah menguji coba menampilkan video pendek di bagian discover aplikasi Google perangkat Android. Biasanya kan di bagian tersebut kita cuma dikasih deretan berita yang disesuaikan sama minat bacaan.

Ini beda dengan Google Stories yang dirilis Oktober lalu ya, video singkat yang sebelumnya bernama AMP Stories itu dibuat langsung sama media daring seperti Forbes, USA Today, Vice, Now This, Bustle, dan lain-lain.

Sayangnya hasil pencarian video singkat tersebut hanya bisa dirasakan beberapa pengguna. Nggak semua kata yang dicari bisa menampilkan hasil video pendek. Masih belum jelas apa fitur ini bakal dirilis secara global, tapi bakal menarik banget kalau memang iya. Video-video TikTok yang kontroversial bisa lebih gampang viral~

Related Articles
Tech
Spotify Uji Feed Video Pendek, Sengaja Mirip TikTok?

Tech
Google Izinkan Orang Tua Hapus Foto Anak dari Hasil Penelusuran Gambar

Tech
Instagram Bakal Ganti Tombol Navigasi Untuk Dorong Fitur Reels dan Shopping