Lifestyle

Kenapa sih Kita Suka Menghindar Pas Ada Masalah? Begini Mengatasinya.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 30th 2020

(azerbaijan_stockers via Freepik)

Sedari kecil, kita secara tidak langsung diajarkan untuk menghindari masalah yang bikin perasaan kacau. Kalau kita jatuh, biasanya pasti ditenangkan dan dibilang, ”Semua bakal baik-baik aja!“ sambil cepat-cepat disuruh bangkit.

Kalau kita terlihat bikin salah, langsung disuruh minta maaf dulu daripada ditanya alasan bisa melakukan hal itu. Urusan cepat selesai dulu deh pokoknya.

Memang natural kita menghindari ketidaknyamanan

Dilansir dari Psychology Today, sebenarnya memang sudah jadi hal yang natural bagi manusia untuk selalu menghindari kondisi gak nyaman. Kondisi tersebut sering kali kita anggap bakal merembet ke penderitaan, stres, kekecewaan, dan berbagai emosi negatif. Pastinya lebih memilih situasi yang nyaman dong daripada kebalikannya.

Mangkanya sering kalau lagi berantem, kita cenderung menghindari orang yang lagi punya masalah sama kita. Males aja gitu kan daripada ribut lagi, mending nggak ketemu sekalian.

Bentuk lain dari menghindar

Sadar atau nggak, menghindar punya berbagai bentuk. Gak selalu menghindari secara fisik dalam artian menarik diri dari kondisi atau orang yang diduga bakal menimbulkan masalah. Bisa jadi pas kita makan berlebihan, teriak-teriak, bahkan menunda, itu adalah tanda kita lagi menghindari sesuatu. Sebut aja kalau kita menunda mengerjakan tugas, sebenarnya kita menghindari stres dan susahnya berpikir kan?

Jelas kita tahu kalau menghindar sama sekali nggak akan menyelesaikan masalahnya. Seperti yang diungkapkan oleh terapis bernama Dr. Michelle Maidenberg, dengan menghindar kita justru membuang kesempatan agar perasaan negatif bisa mengarahkan ke hal yang penting bagi hidup kita. Perasaan negatif sebenarnya juga bisa menguji cara kita bereaksi berdasarkan nilai yang kita pegang dan membawa ke versi terbaik diri kita.

Misalnya kita menghindari banget memulai hubungan dengan orang baru karena pernah sakit hati. Artinya kita mencegah kemungkinan orang lain menghargai kita dan membantu kita bangkit dari sakit masa lalu kan?

Cara biar stop menghindar

Ketika pikiran-pikiran keinginan menghindar mulai muncul, pilihannya cuma dua. Kita turuti biar kita merasa ’nyaman‘ dan gak menyelesaikan masalah utama atau bertindak berdasarkan nilai-nilai yang kita pegang—hal-hal yang kita percaya penting dan berarti buat kita.

Ini penting banget apalagi kalau kita punya resolusi tahun baru. Pasti ada kalanya malas banget buat kejar progress demi mewujudkan resolusi. Kuncinya adalah ketika usaha menghindar mulai terpikirkan, ingat-ingat lagi tujuan resolusi yang kita buat. Mungkin biar punya body goals mangkanya harus work out rutin atau impian masuk ke universitas tertentu mangkanya harus mencicil belajar.

Terlebih lagi, bayangan akan ketidaknyamanan yang bakal terjadi biasanya jauh lebih buruk daripada keadaan aslinya. Pikiran kita jago banget deh membayangkan betapa tidak enaknya work out Chloe Ting daripada betapa bangganya kalau kita berhasil mencapai target. Coba deh lakukan. Biasanya sih terbersit, “Ternyata nggak sesengsara itu ya?” (Kalau masih sengsara, ganti selain Chloe Ting deh).

Jangan sampai satu kesempatan menghindar malah jadi beranak. Selain resolusi jadi nggak tercapai, bisa muncul pikiran-pikiran seperti “Duh, aku gak mampu!“ atau ”Aku lemah banget!“. Ini bahaya banget dan malah kebiasaan menghindar makin parah.

Yang harus diingat

Memang kita harus mencoba melawan ketika mau menghindar. Tapi, ingat juga kalau keinginan menghindar itu manusiawi. Beberapa cara mengasihi diri sendiri sebagai manusia adalah menerima berbagai kondisi fisik, perasaan, dan juga emosi. Dengan kita mengasihi diri sendiri, kita meningkatkan kualitas hidup karena diri kita semakin baik.

Ingat, kita yang punya kontrol sama pikiran kita, bukan pikiran yang mengendalikan kita. Selamat tahun baru, semoga resolusimu tercapai dan kamu jadi manusia yang lebih baik lagi! (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Alasan Harus Move On dari Masa Lalu, Entah Itu Orang atau Kejadian Tertentu

Entertainment
5 Langkah agar Resolusi Tahun Baru Bisa Berjalan Sesuai Harapan

Lifestyle
5 Cara Menghadapi Pertanyaan yang Menyinggung Perasaan