Korea

BTS Jadi Grup Asing Pertama yang Dapat Sertifikasi Platinum RIAJ untuk Streaming

Dwiwa

Posted on December 28th 2020

 

Menjelang akhir tahun, torehan prestasi boy group asal Korea Selatan BTS tampaknya justru semakin banyak. Terbaru, boy group beranggotakan tujuh orang ini mendapat sertifikasi platinum untuk kategori streaming dari Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ).

Penghargaan ini diperoleh BTS melalui lagu Dynamite yang dirilis pada 21 Agustus lalu. Hanya dalam waktu tiga bulan, lagu ini pun telah melampaui lebih dari 100 juta streaming secara online.

Dilansir dari Soompi, RIAJ sendiri baru memperbarui sertifikasi untuk streaming lagu secara online untuk melengkapi sistem yang sudah ada sebelumnya untuk penjualan album fisik dan penjualan unduhan digital.

Berdasarkan sistem baru, sertifikasi perak akan diberikan saat lagu mencapai 30 juta streaming, emas 50 juta streaming, dan platinum 100 juta streaming. Penghargaan ini pun menandai pertama kalinya lagu mereka mendapat sertifikat platinum untuk streaming.

Selain itu, Dynamite juga menjadi lagu pertama yang dibawakan oleh grup non Jepang dalam sejarah RIAJ yang menerima sertifikasi platinum untuk streaming. Secara keseluruhan, hanya ada dua lagu artis asing yang meraih pencapaian ini, Dynamite dari BTS dan Shape of You milik Ed Sheeran.

Dua lagu lain dari BTS, DNA dan Stay Gold juga mendapatkan sertifikasi emas setelah berhasil melampaui 50 juta streaming. Lagu Jepang yang dibuat bersama oleh Jungkook Your Eyes Tell juga memperoleh sertifikasi perak.

Idol K-Pop lain yang juga memperoleh sertifikasi dari RIAJ adalah TWICE. Girl group besutan JYP Entertainment ini memperoleh beberapa sertifikasi baru yang memperpanjang rekor mereka sebagai artis non Jepang dengan lagu terbanyak yang sudah mendapat sertifikasi streaming resmi RIAJ.

Lagu Jepang TWICE yang bertajuk Candy Pop mendapatkan sertifikasi perak setelah melampaui 30 juta streaming. Sedangkan lagu hit mereka Yes or Yes dan What is Love mendapatkan sertifikat emas.

Wah, selamat yah buat TWICE dan BTS. (*)

Related Articles
Korea
Geser BoA, TWICE Pecahkan Rekor Oricon lewat Album Jepang #TWICE4!

Entertainment
TWICE Comeback Juni, Bareng Sama BTS?

Korea
BTS Keluarkan Teaser Single Jepang, Ini Arti Potongan Lirik "Stay Gold"