Tech

Analis Apple Katakan Produksi Apple Car Dapat Mundur Hingga 2028

Ahmad Redho Nugraha

Posted on December 28th 2020

Rumor soal Apple membuat mobil listrik memang sudah lama beredar. Informasi terakhir yang diliput media mengatakan jika mobil listrik canggih buatan Apple kemungkinan akan mula diproduksi paling cepat pada tahun 2024 mendatang.

Meski demikian, analis Apple, Ming-Chi Kuo mengatakan jika kondisi pasar mobil listrik saat ini terlalu bullish terhadap Apple Car. Bullish adalah istilah bisnis dan trading yang berkaitan dengan harga yang selalu naik.

Dengan kata lain, Kuo beranggapan jika waktu terbaik untuk merilis mobil listrik Apple Car bukanlah dalam waktu dekat, sehingga perilisan Apple Car mungkin akan diundur hingga paling cepat 2025, bahkan mungkin hingga 2028.

Kuo menggaris bawahi 3 isu utama yang berkaitan dengan perilisan Apple Car. Yakni ketidakpastian waktu peluncuran, ketidakpastian siapa supplier-nya dan bagaimana spec mobilnya, serta ketidakpastian daya saing mobil tersebut di pasaran kelak.

Kuo sebelumnya memprediksi jika Apple Car akan dirilis setidaknya di antara 2023 hingga 2025, namun dia meralat prediksinya tersebut berdasarkan pengamatan terakhirnya.

Survei terbaru yang dilakukan Kuo menemukan jika seandainya proses pengembangan Apple Car berjalan dengan lancar tahun depan sekalipun, maka mobil tersebut paling cepat baru akan dirilis di antara tahun 2025 - 2027.

Namun dia juga menegaskan, dengan perubahan yang dapat terjadi sangat cepat di industri kendaraan listrik, maka bukan tidak mungkin jika Apple Car baru akan dirilis 2028 atau bahkan lebih lambat.

Spesifikasi Apple Car sendiri terus berevolusi dan mungkin baru akan difinalisasi di antara tahun 2023 - 2025. 

Meski Apple memiliki beberapa keunggulan dalam memproduksi mobil listriknya sendiri, Kuo mengingatkan para investor jika mereka tidak selalu berhasil dalam bisnis. Dia menyebutkan HomePod, smart speaker buatan Apple sebagai contoh.

Persaingan di pasar mobil listrik dan kendaraan otomatis dapat menjadi sangat keras, dan tidak ada kepastian terkait kesuksesan Apple di pasar. Aspek terpenting dari produksi kendaraan listrik adalah data untuk pengendaraan otomatis dan AI ketimbang hardware. Kuo mengatakan jika kecemasan utamanya adalah Apple saat ini tertinggal 5 tahun dalam kedua aspek tersebut dibandingkan kompetitornya yang lain. (*)

 

Related Articles
Tech
CATL & BYD Tolak Kerjasama Pasok Baterai untuk Apple Car

Tech
Kerjasama Pembuatan Mobil Listrik Apple-Hyundai Kabarnya Dimulai Maret 2021

Tech
Tesla: Data Pengguna Tiongkok Ada di Data Center Shanghai