Entertainment

13 Perusahaan Fiksi di Dunia Film Ini Tampak Nyata

Jingga Irawan

Posted on December 27th 2020

Screenrant

Kalian mungkin penasaran mengenai perusahaan-perusahaan raksasa yang pernah kalian jumpai di berbagai film. Gedung yang menjulang, ratusan karyawan yang hebat, direktur dan CEO yang tampan, robot-robot canggih, sampai ribuan meja kantor yang tertata rapi itu. Sebenarnya ada nggak sih di dunia nyata?

Beberapa perusahaan di dunia film memang hampir mirip dengan perusahaan-perusahaan di dunia nyata. Bayangkan saja Stark Industries yang dipimpin oleh Tony Stark (Robert Downey Jr.) dalam film Iron Man, bukankah mirip dengan perusahaan robot terbesar di dunia saat ini yakni FANUC. Perusahaan asal Jepang itu didirikan pada tahun 1972 di bawah naungan Furukawa Group dan dipimpin oleh Yoshiharu Inaba.

Kalian juga bisa mengambil contoh lain seperti The Willy Wonka Candy Company sebuah perusahaan penghasil cokelat terbesar di dunia dari film Charlie and the Chocolate Factory. Perusahaan milik Willy Wonka (Johny Depp) itu mirip dengan Nestlé Candy Shop lho gengs, sebelum akhirnya diberhentikan pada tahun 2018. Walaupun begitu, Nestlé tetap menjadi perusahaan FMCG (Fast Moving Consumee Goods) terbesar di dunia.

Nah, kali ini mainmain mengumpulkan 15 perusahaan paling populer yang berada dalam dunia film tapi terasa sangat nyata. Daftar perusahaan ini mungkin akan membuat kalian flashback dengan film-film masa kecil, check it out!

1. Very Big Corp. of America

Pertama adalah Very Big Corp. of America, yang muncul dalam komedi tahun 80-an berjudul Monty Python: The Meaning of Life, dan digambarkan sebagai perusahaan yang sangat besar! Meskipun nggak banyak detail yang diberikan tentang perusahaan tersebut, tapi yakin lah dalam film perusahaan tersebut digambarkan paling megah, sehingga harus ditempatkan pada nomor 1.

IGN Boards

 

2. Globex

Ditampilkan dalam salah satu seri animasi komedi paling legendaris yang pernah ada, yakni The Simpsons, Globex merupakan raksasa teknologi yang menawarkan Homer Simpson pekerjaan baru dan keuntungan yang banyak seperti rumah baru bagi keluarga.

Perusahaan teknologi yang dipimpin oleh tokoh fiksi Hank Scorpio ini pasti mengingatkan kita pada Google, hihihi.

Simpson Fandom

 

3. The Clampet Strike Oil

Camplet Oil muncul dalam film komedi The Beverly Hillbillies. Perusahaan ini muncul setelah keluarga Camplet yang miskin dalam film mendapatkan sebidang tanah yang kaya minyak. Minyak ersebut kemudian membawa mereka dalam kekayaan.

Youtube

 

4. Stark Industries

Di urutan ke empat dari perusahaan fiksi terbaik, mungkin Stark Industries lah yang paling keren. Perusahaan ini membangun teknologi canggih dan pertama kali muncul di film Iron Man.

Seiring berjalannya waktu Stark Industries terkenal di jagat Marvel lain, dan telah muncul di beberapa alur cerita dari Avengers hingga Spider Man. Stark Industries pertama kali dikenal karena membuat jet tempur pada Perang Dunia II, dan diturunkan ke Tony Stark oleh ayahnya, yang kini telah beralih ke pembuatan energi bersih.

Screenrant

 

5. Monster Inc.

Ngomong-ngomong soal energi bersih, Monster Inc. adalah perusahaan fiksi dari film Pixar dengan nama yang sama, di mana operasi bisnisnya mencakup pembangkit energi di dunia monster dengan cara menakut-nakuti anak-anak manusia. Karyawan di perusahaan tersebut mengemban tugas menakutkan, yakni menakut-nakuti anak-anak manusia yang tangisannya dapat menghasilkan tenaga. Beberapa karyawan hebat di perusahaan ini adalah James P. "Sulley" Sullivan dan sahabat nya yang berwarna hijau Mike Wazowski.

Disney Fandom

 

6. Nakatomi Trading Corp

Dari film aksi favorit era 80-an Die Hard, Nakatomi Trading Corp. adalah perusahaan keuangan bernilai tinggi. Film itu sendiri didasarkan pada novel Roderick Thorp, berjudul Nothing Lasts Forever, dengan tokoh utama John McClane yang diperankan oleh Bruce Willis.

Peristiwa film itu berkisah tentang serangan teroris yang secara nggak sengaja terjadi pada pesta Natal di gedung pencakar langit Nakatomi Trading Corp. di Nakatomi Plaza.

Gizmodo

 

7. Gringotts Wizarding Bank

Gringotts Wizarding Bank adalah satu-satunya bank dunia sihir, dan dimiliki serta dioperasikan oleh goblin mungil yang berjumlah ratusan. Bank ini didirikan oleh seorang goblin bernama Gringott, pada 1474 yang kantor tamanya terletak di Northside Diagon Alley di London, Inggris. Penampakan Gringotts Wizarding Bank muncul dalam Harry Potter and The Death Hallows.

Timeout

 

8. OSCORP

Perusahaan pelopor teknologi ini pertama kali tampak di film Spider Man yang menyelidiki eksperimen ilmiah berteknologi tinggi. Oscorp memiliki keahlian penuh dalam segala hal sains mulai dari robotika hingga genetika. Perusahaan itu dimiliki oleh keluarga Osbournes dan menyebabkan kontroversi berkat eksperimen genetiknya yang ngawur.

The Opinion Arcade

 

9. Wonka Industries

Wonka Industries adalah kesukaan kalian pada waktu kecil bukan?. Bayangkan sebuah pabrik cokelat raksasa dengan sentuhan magis di dalamnya yang setiap hari menghasilkan cokelat terenak.

Wonka Industries dimiliki seorang pembuat cokelat nyentrik bernama Willy Wonka yang masa kecilnya trauma karena gigi berlubang. Perusahaan ini pertama kali muncul dalam film Charlie and the Chocolate Factory.

Into Film

 

10. Oceanic Airlines

Oceanic Airlines atau Oceanic Airways adalah nama maskapai penerbangan fiksi yang digunakan dalam serial TV berjudul Lost, di mana Oceanic Airlines ditampilkan dengan logo titik-titik khas suku Aborigin Australia yang menyerupai lingkaran "O". Alur cerita seri fiksi ini dimulai dengan jatuhnya sebuah penerbangan maskapai bernama Oceanic Flight 815.

 

11. Acme Corp

Perusahaan ini berulang kali muncul di sebagian besar seri Warner Bros. yang menghasilkan barang-barang tidak jelas kegunaanya misalnya bahan peledak dan lem. Nama Acme Corp seringkali hadir dalam Looney Tunes atau Wile E. Coyote dan Road Runner 

Mental Floss

 

12. Wayne Enterprises

Sebuah perusahaan dengan CEO miliarder muda, dengan ide-ide hebat, format bisnis cemerlang, beroperasi di ruang angkasa dan teknologi serta menciptakan Batmobile, yakni Wayne Enterprises dari dunia Batman. Pemimpinnya nggak lain adalah Bruce Wayne (Ben Affleck)

Perusahaan milik putra dari Thomas dan Martha Wayne itu berbasis di kota Gotham, yang menjadi salah satu perusahaan paling melekat di benak setiap pecinta komik. Dalam kehidupan nyata, SpaceX dengan Elon Musk sering disebut sebagai cerminan Wayne Enterprises.

Centives

 

13. The Tyrell Corporation

The Tyrell Corporation adalah perusahaan berteknologi tinggi yang muncul dalam film Blade Runner terutama berfokus pada produksi android yang dikenal sebagai pengganda. Perusahaan tersebut berbasis di Los Angeles dan dinamai pendirinya Eldon Tyrell.(*)

Pinterest

Artikel Terkait
Entertainment
Disney Plus Resmi Dirilis, Marvel Luncurkan Konten-konten Eksklusifnya

Entertainment
Michael Keaton Perankan Batman dalam ‘The Flash’, Bagaimana dengan Ben Affleck?

Entertainment
Setelah 'Justice League', Warner Bros. Coba Saling Hubungkan Filmnya Lagi