Interest

‘Balik Bandung’ Pameran Pembukan #BDGARTMONTH2018

Weekend ke Bandung sabi banget sih~

Syahzanan Haunan

Posted on July 17th 2018

Setelah penat menempuh rangkaian ujian untuk memasuki jenjang pendidikan yang baru, ada baiknya kalian coba refreshing dengan berkunjung ke rangkaian acara #BDGARTMONTH2018. Selama kurun waktu Juli-Agustus 2018, sedang berlangsung berbagai pameran seni rupa yang diselenggarakan di beberapa galeri-galeri di Bandung yang cocok buat mengasah imajinasi kamu nih.

#BDGARTMONTH2018 resmi dibuka dengan Pameran Karya Pilihan Koleksi Galeri Nasional Indonesia ‘Balik Bandung’ di Galeri Soemardja ITB dan Gedung Pengembangan Pusat Kebudayaan Jawa Barat dari tanggal 13-23 Juli 2018. Galeri Nasional Indonesia sendiri memiliki program melaksanakan pameran keliling untuk memperkenalkan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia ke kota-kota lain di Indonesia.

‘Balik Bandung’ digelar atas kerja sama Galeri Nasional Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, UPTD – Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, dan Galeri Soemardja ITB. Menurut kedua kurator, Rizki A. Zaelani dan Diyanto, pameran ‘Balik Bandung’ adalah sebuah perjalanan kembali untuk karya-karya yang sebelumnya diciptakan oleh para perupanya di Bandung. Seni rupa Bandung dikenal memiliki karya-karya seni rupa dengan pemikiran modernisme seni yang sangat unik. Gagasan modernisme seni rupa Bandung berhubungan dengan the idea of progress sebagai bentuk kemajuan manusia dalam bidang-bidang ilmu dan teknologi. Selain itu, perkembangan seni rupa Bandung tidak hanya pada seni rupa abstrak, tetapi juga pada bentuk jamak rupa lainnya.

Sejumlah 40 karya seni rupa dari perupa Bandung kenamaan seperti Abay D. Subarna, Aceng Arief, A.D. Pirous, Affandi, Ahadiyat Joedawinata, Ahmad Sadali, Angkama Setjadipradja, But Muchtar, Chandra Johan, Chusin Setiadikara, Erna Garnasih Pirous, F. Widayanto, G. Sidharta Soegijo, Haryadi Suadi, Hendra Gunawan, Herry Dim, Heyi Ma’mun, I Nyoman Tusan, Jeihan Sukmantoro, Kaboel Suadi, Kartono Yudhokusumo, Krisna Murti, Mamannoor, Mochtar Apin, Popo Iskandar, Redha Sorana, Rini Chairin Hayati Rita Widagdo, Smasudin Hardjakusumah (Sam Bimbo), Setiawan Sabana, Srihadi Soedarsono, Sudjoko, Sunaryo, T. Sutanto, Tatatng Ganar, Tisna Sanjaya, Tohny Joesoef, Umi Dachlan, Wiyoso Yudhoseputro, dan Yusuf Affendi Djalari.

Menurut Pustanto, Kepala Galeri Nasional Indonesia, “Gelaran ini diharapkan menjadi inspirasi yang memunculkan motivasi, menumbuhkan kecintaan dan penghargaan terhadap pada seniman Indonesia, serta menggerakkan para apresiator untuk menciptakan karya seni dalam cakupan yang lebih luas,” ungkapnya.

Selain pameran ‘Balik Bandung’, rangkaian #BDGARTMONTH2018, terdapat pameran-pameran seni rupa lainnya yang bisa kalian kunjungi, seperti Pameran Tunggal Bambang Ernawan, ‘Searching for The Truth’ di Orbital Dago tanggal 5-18 Juli 2018, Pameran Trio Jeffi Manzani, William Samosir, Yura Kenn Yusnar, ‘Tomorrow The Window Collapses’ di Selasar Sunaryo tanggal 14-29 Juli 2018, Pameran Duo Lisa Miles dan Setiawan Sabana, ‘Bumi Kertas : Tapak, Jejak, Jelajah’ di Museum Geologi Bandung tanggal 7-28 Juli 2018, Pameran Grup Seni Media, ‘Pintas’ di Thee Huis Gallery dan Taman Budaya Jawa Barat tanggal 2-20 Juli 2018. Kemudian, ada juga lokakarya seni rupa seperti ‘Art Verses : Workshop Apresiasi Seni Rupa Untuk Publik’ di Orbital Dago tanggal 15 Juli 2018, Lokakarya ‘Sculpture & Relief’ serta ‘Drawing & Painting’ di Sanggar Olah Seni Siliwangi tanggal 14 Juli – 12 Agustus 2018, dan ‘Holiday Artventure’ di Semata Gallery tanggal 2-15 Juli 2018.

Jangan lupa catat semua jadwal acara dan tempat yang bisa menggugah inspirasi kalian di Bandung. Nggak musti nunggu liburan panjang, weekend pun jadi~ 

Artikel Terkait
Interest
Makanan Viral yang Mungkin Akan Musnah di 2019!

Interest
Setelah Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire, Terbitlah Kesultanan Selaco

Interest
Merayakan Seni Media Anak Bangsa di ArtJog 2018