Tech

Lewat Update Firmware-nya, Tesla Bawa "Hadiah Natal" Suara Kentut

Ahmad Redho Nugraha

Posted on December 26th 2020

Perusahaan mobil listrik terbesar dunia, Tesla, turut merayakan Natal dan tahun baru. Mereka bahkan memberikan "hadiah Natal" untuk para pengguna mobilnya. Hadiah itu berupa update firmware yang diberi nama Tesla’s 2020 Holiday Update.

Update itu menghadirkan firmware 2020.48.25. Pembaruan yang dihadirkan Tesla kali ini lebih banyak bersifat hiburan. Termasuk menghadirkan mode Boombox. Boombox itu membuat para pengguna mobil Tesla bisa membunyikan klakson dengan suara-suara aneh. Seperti misalnya suara kambing, tepuk tangan, bahkan kentut. Fitur ini tentu menjadi antitesis bagi suara klakson mobil yang selalu begitu-begitu saja. Suara penjual ice cream pun ada. Jadi, update terbaru tersebut sebenarnya membuat Tesla jadi serasa odong-odong.

Pengguna mobil Tesla dapat mengakses berbagai jenis suara via bagian Toybox. Di sana ada berbagai suara yang tak lazim digunakan untuk mobil. Misalnya suara kambing mengembik, suara tepuk tangan, impresi "tada", bahkan suara kentut. Fitur ini hanya tersedia bagi pemilik Tesla versi terbaru. Tepatnya Tesla yang diproduksi di atas tanggal 1 September 2019. Tesla keluaran setelah 2019 itu telah dilengkapi dengan speaker built-in. .

Penambahan speaker built-in tersebut pada awalnya berhubungan dengan isu keselamatan. Selama ini, seperti kebanyakan mobil listrik, Tesla memang mendesain kendaraannya minim bunyi. Namun hal ini justru dipermasalahkan Lembaga Lalu-lintas Tol Nasional Amerika Serikat.

Rekomendasi lembaga itu malah mengharuskan mobil listrik perlu dilengkapi dengan fitur pembuat suara khusus. Tujuannya agar ada sinyal bagi pejalan kaki dan pengguna jalan lain, ketika berpapasan dengan mobil listrik.

Nah, suara kentut -beserta suara-suara lainnya- yang dihadirkan dalam update terbaru Tesla bukan sekadar untuk klakson. Tapi juga bisa diaktifkan di mode pengujian emisi alias Emission Testing Mode. Mode tersebut memungkinkan pengguna Tesla membunyikan suara kentut kapanpun. Cukup dengan menekan tombol cruise di bagian kiri setir. Atau dengan menggunakan tombol lampu sein.

Selain boombox, pada update kali ini juga disertai dengan 3 game baru yang bisa dimainkan di dalam mobil. Yakni, The Battle of Polytopia, Cat Quest, dan Solitaire. Game-game itu hanya bisa dimainkan ketika mobil sedang parkir. Terdapat pula peningkatan pada tampilan supercharge di dasbor dan jadwal keberangkatan mobil.(*)

Related Articles
Tech
Mercedes-Benz Masuki Pasar Mobil dengan Teknologi Layar Sentuh

Tech
Kenalin Lucid Motors, Pesaing Tesla yang Dikembangkan Mantan Anak Buah Elon Musk

Tech
Tesla Bikin Smartwatch, Benarkah Berfungsi Juga Sebagai Kunci Mobil?