Entertainment

Penasaran dengan Credit Scene 'Wonder Woman 1984'? Ini Penjelasannya...

Jingga Irawan

Posted on December 26th 2020

Warner Bros.

Setelah rilis di Indonesia pada 16 Desember lalu, Wonder Woman 1984 menyisakan banyak pertanyaan yang belum terjawab bagi para penggemar, terutama mengenai  credit scene berdurasi sekitar 60 detik di akhir cerita. Patty Jenkins rupanya sengaja membuat penggemar DCEU penasaran setelah menonton credit scene WW84, kira-kira bakal ada Wonder Woman ketiga nggak sih?

Credit Scene Wonder Woman 1984 mengikuti seorang wanita misterius berambut panjang masuk dalam kerumunan pasar. Sampai sekarang nggak jelas apakah masih berlatar tahun 1984 sama seperti plot filmnya atau sudah lompat di masa sekarang. Kemudian, tiang kayu di tengah kerumunan pasar itu tiba-tiba roboh hampir mengenai pengunjung pasar lain dan bayinya.

Tetapi dengan sigap, wanita misterius itu dengan mudah menahannya sebelum melukai seorang bayi dalam kereta dorong. Ibu bayi tersebut tertegun, kemudian mengejar wanita misterius itu untuk berterima kasih. Saat memalingkan wajahnya untuk berkenalan dengan sang Ibu, sosok tersebut mengaku bernama Asteria yang diperankan oleh Lynda Carter. Ketika ditanya mengenai kekuatan supernya menahan benda berat, Asteria hanya menjawab, “Aku telah melakukan ini untuk waktu yang lama,”.

Siapa Asteria?

Asteria dalam Wonder Woman 1984 merupakan pemilik asli kostum besi emas berbentuk burung milik Wonder Woman. Namun, FYI nih guys Asteria yang terlihat di adegan credit scene sebenarnya nggak muncul lho dalam DC Comics. Tapi, dalam edisi komik Justice League # 11 tahun 2018 terdapat salah satu cerita saat Diana ditemani seekor burung berkepala dua berwarna metalik yang ditemukannya di sebuah karang dan diberi nama Asteria, seorang "saudari purba yang berperang melawan dewa".

Memang sedikit berbeda sih dari cerita Asteria di film yang tampil dengan tubuh manusia. Namun, seperti yang dicatat oleh Bleeding Cool, bahwa James Tynion IV dan Scott Snyder (penulis komik Justice League) kemungkinan besar telah mengetahui kemunculan Asteria pada Wonder Woman 1984 melalui Geoff Johns, yang merupakan Chief Creative Officer of DC Entertainment dari tahun 2010 hingga 2018. Maka dari itu, karakternya sedikit dimunculkan.

Dalam Mitologi Yunani, di mana komik dan Wonder Woman menarik banyak inspirasi, Asteria adalah Dewi Titan yang namanya bermakna “bintang-bintang”. Meskipun biasanya sosok Asteria nggak digambarkan pakai baju besi berwarna emas, tapi karakter ‘sayap’ dan ‘terbang’nya yang melekat itu sebenarnya berkaitan dengan cerita lain tentang dirinya.

Ketika mencoba menghindar dari pengejaran Zeus, Ia menjelma menjadi burung puyuh dan menyelam ke laut dan kemudian berubah menjadi Pulau Delos di Yunani. Detail ini ditegaskan oleh seorang penyair Romawi, bernama Publisius Ovidius Naso yang menjelaskan tentang pelariannya dari Zeus di sebuah karya berjudul Metamorphoses. Sedangkan, dalam komiknya, Gold Armor sebenarnya memang khusus dibuat untuk Wonder Woman. Bukan diwarisi oleh pejuang Amazonian lain.

Akankah Asteria yang diperankan Lynda Carter muncul dalam film Wonder Woman selanjutnya?

Lynda Carter sebagai Wonder Woman (decider)

Dikutip dari Screenrant, penampilan singkat Lynda Carter sebagai Asteria dalam credit scene Wonder Woman 1984 kemungkinan besar dimaksudkan sebagai cameo sederhana yang dapat menghibur. Serta, penyerahan simbolis sosok Wonder Woman dari Lynda Carter (pemeran Wonder Woman 1975-1979) ke Gal Gadot.

Seri Wonder Woman tahun 1970-an bukan hanya sebuahpertunjukan pahlawan super pertama yang dipimpin oleh wanita, tetapi juga menandai pertama kalinya seorang pahlawan super wanita ditampilkan dalam aksi langsung. Sama seperti Diana Prince sekarang, Lynda Carter juga bertransformasi dari tampilan manusia biasa pada umunya menjadi pahlawan super dengan kostum Wonder Woman-nya.

BBC UK

Wonder Woman 3 belum secara resmi mendapat lampu hijau oleh Warner Bros., dan akan sangat sulit untuk mengukur kesuksesan Wonder Woman 1984 mengingat Pandemi Covid-19. Namun, nggak menutup kemungkinan bahwa Lynda Carter juga bergabung dengan Gal Gadot dalam satu layar. Akan lebih aman jika dunia memiliki dua Wonder Woman hihihi. (*) 

Artikel Terkait
Entertainment
Diundur, Wonder Woman 1984 Bakal Dirilis di Bioskop Saat Natal

Entertainment
Asyik, “Wonder Woman 1984” Bakal Rilis di Bioskop dan HBO Max Natal Tahun Ini

Entertainment
‘Wonder Woman 3’ Direncanakan Mulai Syuting Tahun Depan