Entertainment

Flash Back Dulu! Nih Deretan Tren TikTok Viral dari Januari sampai Desember 2020

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 26th 2020

Nggak terasa tinggal beberapa hari lagi tahun 2020 bakal jadi kenangan. Cepat banget kan? Rasanya baru aja tantangan Zoom My Face viral, eh sudah sampai akhir tahun aja. Selama tahun yang spesial banget ini, bisa dibilang video-video TikTok jadi penyelamat kita yang bosan di rumah karena pandemi. Buat yang mau take a trip down memory lane, nih deretan tren TikTok yang viral selama tahun ini.

1. Januari

Bagaikan langit di sore hari, berwarna biru, sebiru hatiku~ Nah, pasti ingat dong sama lagu satu ini? Di Januari kita dibanjiri sama tantangan Zoom My Face yang diiringi versi remix dari lagu ciptaan Melly Goeslaw tersebut. Pengguna TikTok atau yang baru banget main TikTok berusaha bikin ekspresi wajah yang lucu di setiap beat lagunya, bahkan deretan selebriti juga ikutan!

2. Februari

Feeling good like I should, went and took a walk around the neighbourhood~ Hayo, siapa yang berusaha keras ingat-ingat gerakan TikTok-nya? Lagu Sunday Best dari Surfaces ini memang punya koreografi yang agak ribet tapi pleasing banget kalau sukses dilakukan. Eits, jangan lupa juga sama “culametan met met, culametan met met, culametan” yang viral di bulan yang sama.

3. Maret

Put your hand in mine, you know that I want to be with you all the time~ Hayo, ingat pas TikTok tiba-tiba kebanjiran momen romantis yang diiringi lagu ini? Deretan TikTok manis ini sampai bikin band PUBLIC yang punya lagu itu berterima kasih sama TikTokers Indonesia lho. Keren deh.

4. April

Ini bulannya para beauty influencer. Pasti ingat dong sama Pass The Brush challenge yang memindah-mindahkan kuas make-up secara berantai terus pamer transformasi dari tanpa riasan jadi glow up cantik banget? Atau, tren make-up yang agak seram, mugshot challenge. Ini agak kontroversial sih soalnya meniru tampilan babak belur dari pelaku kriminal dan dianggap kurang pantas.

5. Mei

Lathi challenge! Yep, lagu dari grup musik Indonesia, Weird Genius, memang sempat booming banget dan jadi tantangan di berbagai media sosial. Yang paling sering adalah tren tantangan make-up tradisional Indonesia dengan jumpscare berubah jadi menyeramkan di tengah lagu. Merinding deh.

6. Juni

That boy, uh, that boy, uh, that boy sus~ Ingat sama dance TikTok satu ini? Yang paling terkenal memang TikTok dari Charli D’Amelio, seleb TikTok yang sekarang sudah punya 103 juta pengikut.

Di bulan ini, Any Song challenge juga lagi ramai banget diikuti nih. Lagu dari artis Korea bernama Zico ini memang catchy dan punya gerakan yang asyik banget~

7. Juli

Taratakdung, taratakdung, taratak taratak dung! Duh, taratakdung ini sempat meresahkan ya di bulan Juli lalu. Berawal dari TikTok anak baru SMAN 3 Sukabumi yang bernama Almira, entah kenapa ”taratakdung“ yang sebenarnya yel-yel sekolah ini jadi viral di mana-mana.

8. Agustus

Lagu Nicki Minaj dan Megan Thee Stallion, WAP, jadi iringan TikTok yang ramai banget di Agustus lalu. Gerakannya memang cukup susah dan sebaiknya coba yang versi ramah punggung aja kalau bukan penari profesional. Karena lagunya yang cukup eksplisit, banyak juga parodi WAP versi halal atau versi pelesetan yang lucu.

9. September

I did, what you gonna do about it? Ini lagu jadi ajang cerita memalukan atau kocak para TikTokers nih. Sebenarnya lagu ini berjudul Muffins In The Freezer karya TIAGZ, tapi yang viral cuma bagian chorus-nya aja. Kalau mau berselancar di antara cerita-cerita absurd banyak orang, cari aja sound ini di TikTok.

10. Oktober

Ampun bang jago! Entah siapa Bang Jago ini, yang jelas lebih dari satu juta video sudah muncul dari lagu satu ini. Sebutan Bang Jago juga jadi ledekan buat orang yang dianggap sok tahu di tengah perdebatan panas di media sosial. Siap Bang Jago!

Di bulan yang sama, lagu Papi Chulo (terutama yang versi remix) banyak banget jadi dance satisfying di aplikasi video singkat tersebut. Biasanya diawali dengan gerakan serupa memetik gitar, baru deh gerakannya mulai.

11. November

La-da-di-da-da-di-dy, on the stere-ere-ere-ere-o HA! Yup, lagu catchy berjudul Pump It Harder milik The Black Eyed Peas ini jadi tren TikTok yang banyak banget diikuti. Biasanya dicoba bareng teman, lalu setiap kata “HA!” bakal transisi ke orang lain.

12. Desember

Bulan terakhir di tahun 2020, bulannya halu. Pakai lagu Umbrella, tantangan mengajak selfie artis-artis ternama sambil menuliskan lirik lagu Rihanna tersebut banyak banget deh dicoba. Walaupun kebanyakan tantangan tersebut bukan asli alias rekayasa, tapi tetap aja bikin banyak orang kaget ada yang bisa ajak Presiden Jokowi atau Billie Eilish ikut tantangan ini.

Nah, itu dia deretan tren TikTok yang viral sepanjang tahun 2020. Kamu sudah coba yang mana aja nih? (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Lagu ‘Abcdefu’ GAYLE Ternyata Trik Marketing yang Berhasil, Gak Murni Viral

Entertainment
Yearbook Challenge di TikTok, Foto Buku Tahunan Versi Lebih Seru

Entertainment
Mampukah TikTok Menopang Karir Para Musisi yang Lagunya Viral?