Entertainment

'All I Want for Christmas Is You' Pecahkan Rekor Harian Spotify

Jingga Irawan

Posted on December 26th 2020

Mariah Carey on Apple Tv+ (New York Post)

Meskipun sudah 16 tahun lamanya versi pertama All I Want for Christmas Is You dirilis, single milik Mariah Carey itu masih menjadi lagu yang wajib diputar saat perayaan Natal dan tahun baru tiba.

Buktinya, All I Want for Christmas Is You kembali menduduki puncak Billboard’s Hot 100 pekan lalu. Ditambah, lagu kesayangan keluarga itu juga telah mencatatkan rekor single-day streams terbanyak sepanjang masa di Spotify dengan 17 juta kali pemutaran, pada Jum’at (25/12).

Menanggapi rekor tersebut, Mariah Carey mengunggah ucapan terima kasihnya sekaligus menuliskan Selamat Natal pada para penggemar sebagai apresiasi karena telah menyukai lagunya.

Dalam unggahan itu, ia juga menyinggung tentang penghasilan artis melalui streaming yang dinilai kecil. Padahal, kalian tahu nggak? royalti yang diterima Mariah Carey melalui All I Want for Christmas Is You dikabarkan mencapai US$ 2 juta atau setara dengan Rp 28,4 milyar hanya dari Spotify saja lho!.

“Saya tahu orang-orang mengira saya membuat 'koin' (rahasia kecil: artis menghasilkan sangat sedikit dari stream) tetapi alasan sebenarnya saya duduk di sini dengan takjub & syukur adalah melihat kegembiraan yang dibawa lagu kecil yang saya tulis ini kepada orang-orang. TERIMA KASIH & SELAMAT NATAL !!!,” tulis Mariah Carey melalui Twitter pada Jum’at (25/12).

Cuitan penyanyi berusia 50 tahun tersebut dibarengi dengan postingan ulang tweet dari Chart Data, yang berhasil melacak dan mengumpulkan informasi dari Billboard, Soundscan dan bebagai sumber lainnya.

Nggak hanya itu, Mariah Carey juga memposting ulang tweet milik @UKChartInfo yang mengabarkan bahwa  All I Want for Christmas Is You adalah single pertama sepanjang sejarah oleh artis wanita yang mendapatkan sertifikasi Platinum sebanyak lima kali di Britania Raya oleh British Phonographic Industry.

Sebelum mendobrak jumlah streaming dengan lagu abadinya, Mariah Carey yang disebut-sebut sebagai Ratu Natal oleh New York Post juga melakukan kolaborasi nyanyian meriah dengan Ariana Grande dan Jennifer Hudson dalam acara Mariah Carey's Magical Christmas Special yang ditayangkan Apple TV+ untuk menyempurnakan liburan pada awal Desember lalu. (*)

Related Articles
Entertainment
Mariah Carey Ajak Khalid dan buat Lagu Natal ‘Fall In Love At Christmas’

Entertainment
Mariah Carey Rilis Lagu ‘Fall In Love At Christmas’, Dijamin Bikin Merinding

Entertainment
All I Want For Christmas Is You Dirilis dengan Kemasan Baru