Sport

Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Batal, Diundur ke 2023

Dwiwa

Posted on December 25th 2020

Pandemi Covid-19 telah membuat sejumlah acara dan turnamen besar di 2020 dibatalkan atau ditunda. Dan kini tampaknya, dampak dari semakin meluasnya penyebaran virus SARS-Cov-2 telah membuat acara besar di 2021 juga akan ditunda.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pun telah membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Bukan hanya itu saja, Piala Dunia U-17 yang seharusnya digelar di Peru pada 2021 juga dibatalkan.

"Akibat pandemi Covid-19, dewan FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 putra dan Piala Dunia FIFA U-17 putra. Indonesia dan Peru, masing-masing akan menjadi tuan rumah turnamen pada 2021 tetap akan menjadi tuan rumah pada edisi 2023,” jelas pernyataan FIFA.

FIFA mengatakan jika pandemi Covid-19 terus memberikan tantangan di masa depan untuk menyelenggarakan event olahraga internasional. Dan, hal itu akan terdampak pembatasan perjalanan internasional.

FIFA pun berterima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah dan pihak berwenang di Peru dan Indonesia atas komitmen dan persiapan yang telah dilakukan. Organisasi internasional itu berharap untuk terus bisa bekerja sama dan dapat menyelenggarakan turnamen dengan sukses.

Menanggapi pembatalan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun berencana mengadakan rapat koordinasi. Termasuk dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) awal pekan depan untuk membahas kelanjutan persiapan Piala Dunia U-20 yang ditunda.

"Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK dan akan mengundang semua pihak terkait, baik unsur pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI, jelas Zainudin.

Ada beberapa hal penting yang dibahas. Mulai dari kelanjutan renovasi stadion dan lapangan latihan, nasib pembinaan tim nasional yang sudah dipersiapkan hingga susunan pemain yang harus disesuaikan usia saat event berlangsung.

Apalagi, pada 2023 Indonesia juga akan menjadi tuan rumah pendamping Piala Dunia FIBA. Sehingga waktu pelaksanaan juga harus diperhitungkan. "Setelah rapat koordinasi minggu depan, Menko PMK dan Menpora akan langsung menyampaikan laporan lengkapnya kepada bapak Presiden,” kata Zainudin.

Seharusnya Piala Dunia U-20 2021 akan dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni di enam stadion di Indonesia. Yakni Stadion I Wayan Dipta Bali, Stadion Manahan Solo, Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Sriwijaya Jakabaring Palembang, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.(*)

 
Related Articles
Sport
Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Masih 'On Schedule'

Sport
Gallery Foto Indonesia Masters 2019

Sport
Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021