Tech

Bakal Jadi Saingan Microsoft dan Google, Zoom Berencana Luncurkan Layanan Email

Dwiwa

Posted on December 24th 2020

Platform konferensi video Zoom memiliki tahun luar biasa pada 2020. Jumlah penggunanya meningkat pesat karena pandemi Covid-19 telah memaksa orang-orang untuk mengubah cara dalam bersosialisasi, bekerja, maupun sekolah.

Saham platform ini bahkan naik lebih dari 500 persen di tahun ini. Tampaknya, kepopuleran Zoom membuat perusahaan berencana untuk memperluas jenis layanan yang ditawarkan, terutama email dan kalender.

Dilansir dari The Verge, perusahaan sudah mengerjakan produk email, yang menurut laporan The Information akan menjadi layanan email web. Sedangkan aplikasi kalender masih belum jelas apakah sudah mulai dikerjakan atau baru sekadar wacana.

Tetapi kedua ide tersebut merupakan jalan cerdas yang diambil Zoom, terutama jika perusahaan mulai kembali memberlakukan kerja di kantor dan ketergantungan terhadap konferensi video merosot karena distribusi vaksin Covid-19 di 2021. Zoom menolak untuk berkomentar soal hal ini.

Banyak pesaing utama Zoom merupakan platform konferensi video yang digabungkan sebagai bagian dari rangkaian aplikasi perusahaan. Dua yang terbesar adalah milik Microsoft dengan platformOffice 365 dan Google dengan bundle Workspace.

Kedua platform tersebut menawarkan produk kalender, dan konferensi video, jadi masuk akal Zoom melirik email dan kalender untuk melengkapi tawaran layanannya dan membuatnya bukan lagi sebagai platform dengan tujuan tunggal.

The Information melaporkan sejumlah tanda lain yang menunjukkan jika perusahaan tertarik untuk membangun rangkaian aplikasi lengkap untuk perusahaan. Tetapi selalu ada kemungkinan bagi perusahaan memutuskan untuk menunggu dan melihat bagaimana kembalinya pekerjaan di kantor mempengaruhi bisnis dan apakah kerja jarak jauh tetap menjadi hal penting di masa depan.

Kita tunggu saja yah, apakah nantinya Zoom akan benar-benar menjadi pesaing Google dan Microsoft dalam menyediakan layanan email. (*)

Related Articles
Tech
Rapat Pakai Google Meet Kini Bisa Tampung Hingga 500 peserta

Tech
Waduh, Google Dituntut sama Pemerintah Amerika Serikat Karena Dituduh Monopoli

Tech
Selain Facebook, Perusahaan Mana Saja yang Garap Metaverse?