Interest

Autograph Tower di Kompleks Thamrin Nine Jadi Gedung Tertinggi di Indonesia

Jingga Irawan

Posted on December 24th 2020

Thamrin Nine (Putragaya Wahana dilansir dari Kompas)

Autograph Tower di Kompleks Thamrin Nine akan menambah daftar deretan gedung pencakar langit di dunia. Bahkan, menjadi gedung tertinggi di Indonesia sebelum Signature Tower selesai dibangun pada tahun 2025 nanti. Jika dihitung dari lantai dasar, bangunan gedung ini menjulang hingga 382,9 meter, lebih tinggi dari Empire State Building, di New York City, Amerika Serikat.

Gedung yang dibangun oleh firma arsitek terkenal, Kohn Perseden Fox (KPF) ini telah melakukan tutup atap pada Oktober 2020 dan dijadwalkan beroperasi pada 2021. Terletak di antara Jl. Jend. Sudirman dan Jl. M.H. Thamrin Jakarta, gedung ini disebut-sebut sebagai ikon baru Ibu Kota.

Lokasi gedung ini juga dekat dengan berbagai pusat transportasi publik, seperti Halte TransJakarta, kemudian terkoneksi langsung dengan MRT dan Commuter Line. Bahkan, memiliki akses mudah untuk menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta melalui Stasiun BNI City.

“Autograph Tower merupakan gedung tertinggi di Indonesia dan belahan bumi bagian selatan ini akan dilengkapi dengan perkantoran serta Menara Observasi dan Sky Garden yang dapat diakses publik, Hotel Bintang 6, dan Waldorf Astoria Hotel,” ujar Alvin Gozali selaku President Director, PT. Putragaya Wahana dalam Press conference virtual, Rabu (23/12).

Karena keberadaan berbagai fitur ramah lingkungan dan mengedelankan efisiensi optimal bagi kehidupan manusia, gedung yang akan melakukan serah terima pada April 2021 ini telah mendapatkan sertifikat platinum dari BCA Green Mark.

"Fitur-fitur ramah lingkungan tersebut meliputi area terbuka hijau, vertical garden, pengolahan air dan limbah, parkir sepeda, serta desain dan fitur arsitektur yang dibuat sedemikian rupa untuk menjaga suhu internal agar menghemat energi," terang Herman Bunjamin, selaku Project Director PT. Putragaya Wahana.

Tidak hanya Autograph Tower, pembangunan terbaru Thamrin Nine meliputi lima gedung pencakar langit lainnya, yakni Luminary Tower dengan tinggi 300 meter, Retail Arcade Le Parc: The Mansion, The Townhomes, dan The Terraces Tower yang menghabiskan dana Rp 7-8 triliun (*)

Related Articles
Interest
Berburu Kuliner Peranakan di Jakarta yang Ramah Kantong

Interest
Jokowi Resmi Larang Mudik, Siap-Siap Kena Sanksi Jika Masih Nekat

Interest
Bagaimana Cara Memperbaiki Surat-surat Penting yang Terendam Banjir