Korea

Gara-gara Pandemi, Penjualan Album KPop Meroket Drastis

Delima Pangaribuan

Posted on December 24th 2020

Tak bisa dimungkiri, pandemi Covid-19 ini berdampak banyak bagi industri hiburan. Kerumunan dilarang, yang artinya konser atau pertunjukan hiburan juga dihentikan sementara. Meskipun gak enak, rupanya data menunjukkan ada juga dampak positif dari pandemi ini bagi industri KPop. Yakni, penjualan album KPop secara global mengalami peningkatan signifikan.

AllKpop mencatat, total penjualan album KPop sepanjang 2020 ini menembus angka 40 juta kopi album! Jumlah ini merupakan gabungan dari berbagai artis KPop. Beberapa di antaranya yang paling menonjol adalah BTS, Seventeen, NCT, BLACKPINK, NCT 127, IZ*ONE, TWICE, dan Baekhyun. Deretan nama ini merupakan artis dengan penjualan lebih dari 1 juta kopi album pada rilis pertama.

Berdasarkan data Korean Association of Music Contents, angka persisnya mencapai 40,2 juta kopi album yang berhasil terjual di dalam dan luar Korea Selatan. Data itu dihimpun hingga pekan ke-50 atau 12 Desember 2020, dan terjadi peningkatan sebesar 64 persen dibandingkan penjualan selama 2019. Tahun lalu, album KPop secara global berhasil terjual sebanyak 24,59 kopi.

Peningkatan penjualan ini sendiri sudah kelihatan sejak 2017 lalu. KPop tercatat mengalami kenaikan penjualan album secara stabil selama empat tahun terakhir. Dari 2016 sebanyak 10,8 juta, kemudian 2017 sebanyak 16,93 juta, dan 2018 sebanyak 22,81 juta kopi.

"Kenaikan sejak 2017 ini berdampak signifikan terhadap pengiriman ke luar negeri. Secara umum, penjualan album KPop membantu ekspor nasional Korea," jelas peneliti senior dari Gaon Chart, Kim Jinwoo.

Keberhasilan ini nggak lepas dari prestasi yang ditorehkan oleh para artis KPop di panggung internasional. BTS, BLACKPINK, NCT, dan MONSTA X berhasil menembus Billboard sepanjang tahun ini dan meningkatkan awareness fans global tentang KPop. Akhirnya banyak orang makin suka sama KPop dan pembelian album naik gila-gilaan.

Korea Customs Service menyebutkan bahwa ekspor album selama 2020 ini bernilai USD 123 miliar! Peningkatan ekspor paling kelihatan ke Amerika Utara, terutama di Amerika Serikat. AS bahkan menggeser posisi Tiongkok sebagai pemesan album KPop terbanyak kedua tahun ini. Yang pertama? Tentu saja Korea Selatan sendiri. 

Semakin banyak grup yang masuk list penjualan menembus 1 juta kopi juga jadi catatan tersendiri bagi pengamat. Tahun lalu, satu-satunya girl group yang menyandang prestasi itu adalah TWICE.

Tapi tahun ini, nama-nama lain juga masuk daftar seperti BLACKPINK dan IZ*ONE. Untuk BLACKPINK, wajar jika animonya luar biasa besar karena ini album perdana mereka. Penjualannya mencapai 1,7 juta kopi di seluruh dunia pada pemesanan perdana. Kemudian IZ*ONE menempati urutan kedua dengan 1,4 juta kopi, disusul TWICE dengan 1,3 juta kopi.

"Hasil ini menunjukkan semacam fenomena konsumsi yang terjadi karena kegiatan eksternal untuk fans seperti konser mustahil dilakukan karena Covid-19, bersamaan dengan ekspansi fandom global," lanjut Kim Jinwoo.

Selain itu, dia juga melihat adanya kecenderungan multifandom atau fans yang menyukai lebih dari satu grup di luar Korsel. Sehingga pemesanan album lintas grup juga kerap terjadi dan berdampak pada meningkatnya sales album banyak grup tersebut.

Apakah kalian termasuk fans yang berkontribusi meningkatkan penjualan album KPop ini, sobat Mainmain? (*)

Artikel Terkait
Korea
NCT, TWICE, BTS hingga ITZY Puncaki Peringkat Album Dunia Billboard!

Korea
Mengapa Penggemar K-Pop Doyan Jual-Beli Photocard?

Korea
Twitter Umumkan Statistik KPop, Indonesia Negara Paling Banyak Ngetwit