Interest

Begini Cara Menjaga Akun WhatsApp dari Peretasan

Jingga Irawan

Posted on December 23rd 2020

Whatsapp

WhatsApp yang dibuat Jan Koum dan Brian Atcon menawarkan fitur keamanan seperti enkripsi dan biometrik. Fitur keamanan ini memastikan bahwa akun WhatsApp para pengguna dan percakapan pribadi tidak dapat dengan mudah untuk diretas pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terlepas dari keamanan yang sudah melekat dalam fitur, masih banyak pengguna WhatsApp menjadi korban peretasan. Di mana mereka ditipu untuk mengungkapkan kredensial akun. Kemudian korban mengalami pelecehan maupun pemerasan oleh peretas.

Bagaimana peretasan sosial terjadi di WhatsApp?

Mungkin banyak dari kalian sebagai pengguna WhatsApp yang belum cukup memahami fitur keamanannya. Karena itu peretas mudah memanfaatkan ketidaktahuan tersebut. Mereka biasanya menggunakan modus seperti promosi palsu, hadiah uang tunai hingga memakai identitas palsu yang mengaku menjadi anggota keluarga kalian untuk melakukan pemerasan lho guys.

Sebagai platform perpesanan yang populer, WhatsApp seringkali menjadi surga bagi orang-orang jahat. Oleh karena itu penting bagi kalian untuk mempelajari tentang fitur keamanan tambahan dan beberapa tips yang dapat membantu menjaga keamanan akun Whatsapp, beberapa di antaranya:

Jangan membagikan kode aktivasi enam digit Kalian

Kalian bisa melakukan langkah pertama dengan mengunci akun WhatsApp menggunakan kode aktivasi enam digit. Kode ini memastikan bahwa setiap kali nomor kalian didaftarkan di perangkat lain, kalian akan diminta untuk memasukkan kode enam digit untuk bisa mengakses ke layanan utama mengirim pesan.

Well, Jika seorang peretas mendapatkan kode itu, dia dengan leluasa dapat masuk ke akun WhatsApp kalian dan memiliki akses percakapan pribadi. Bahkan, mereka mungkin bisa mengakses foto atau video WhatsApp yang dicadangkan.

So, jangan pernah membagikan kode aktivasi WhatsApp kalian kepada siapa pun.

Amankan akun dengan Verifikasi Dua Langkah  (Two-factor verification)

Lalu, masing-masing dari kalian juga dapat melindungi akun WhatsApp menggunakan Autentikasi Dua Faktor. Fitur keamanan ini memastikan bahwa nomor WhatsApp kalian hanya dapat diaktifkan di perangkat lain setelah kode itu dimasukkan.

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor pada nomor WhatsApp kalian caranya, buka Pengaturan WhatsApp> Akun> Verifikasi dua langkah lalu ketuk aktifkan. Mudah kan?

WhatsApp kemudian akan meminta kalian memasukkan kode aktivasi enam digit. Nah, kalian juga mendapatkan opsi memasukkan alamat email untuk membantu pemulihan akun jika kalian lupa dengan kode telah dicantumkan.

Tapi tenang saja, WhatsApp akan sesekali memunculkan kode aktivasi pada layar standby sehingga membantu kalian mengingat kode itu.

Bagaimana jika gadget hilang?

Jika kalian kehilangan gadget atau lupa meletakkan perangkat apapun yang terdapat WhatsApp di dalamnya, kalian bisa melaporkan keluhan tersebut dan gunakan halaman Whatsapp Contact untuk dapat memastikan bahwa data akun kalian aman dari penyalahgunaan.

Terlepas dari fitur keamanan di atas, kalian sebagai pengguna juga harus memastikan bahwa data tersebut aman. (*)

 

Related Articles
Interest
Facebook Batalkan Rencana Pasang Iklan di Status WhatsApp

Interest
WhatsApp di Android Versi Gingerbread Tak Bisa Lagi Dipakai

Interest
Kalian Masih Pake OS ini di Android dan iPhone? Siap-siap Gak Bisa Pake WhatsApp