Current Issues

Ini Cara Aman untuk Merayakan Liburan Bareng Orang Terdekat Saat Covid-19

Dwiwa

Posted on December 21st 2020

Libur sekolah, Natal, Tahun Baru, hingga cuti bersama pengganti saat Idul Fitri jatuh bersamaan di akhir tahun ini. Di tahun-tahun sebelumnya, momen ini tentu menjadi waktu yang paling tepat untuk pulang kampung berkumpul bersama keluarga dan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Tetapi dengan kondisi saat ini, dimana virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 masih merajalela, merayakan momen seperti tahun sebelumnya rasanya kurang bijak. Dan menurut para ahli, cara teraman untuk menikmati musim liburan kali ini adalah dengan di rumah aja.

Tapi tentu saja bagi sebagian orang diam di rumah aja bukan hal yang mudah dilakukan. Beberapa di antara kalian bahkan mungkin sudah merencanakan untuk berlibur atau membuat acara di rumah mengingat perayaan Natal sebentar lagi akan dimulai.

Nah, jika kalian berencana mengadakan pesta Natal, tahun baru atau sekadar berkumpul bersama orang terdekat di rumah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat perayaan menjadi lebih aman menurut Everyday Health.

 

1 Batasi jumlah tamu

Sebuah pesta liburan yang hanya berisi keluarga yang tinggal serumah adalah yang paling aman menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).Selain itu, pesta dengan jumlah orang sedikit lebih baik daripada banyak.

Semakin besar jumlah orang yang datang akan semakin sulit untuk mengurangi atau membatasi interaksi antar orang. Menurut dr Dean Winslow, seorang dokter penyakit menular di California, secara umum semakin ramai sebuah pertemuan dan semakin lama di dalam ruang, semakin besar risiko terpapar.

 

2 Buat acara di luar ruang

Risiko penularan virus corona baru rendah saat di luar ruang dibanding di dalam ruang. Berada di luar ruangan akan memungkinkan orang untuk mendapatkan pergantian udara yang lebih baik dibanding di dalam ruang, apalagi jika ventilasinya buruk.

 

3 Buka jendela

Jika tidak memungkinkan untuk membuat acara di luar ruangan, CDC menyarankan untuk memastikan jika ruangan yang digunakan untuk menjamu tamu memiliki ventilasi yang baik dengan membuka jendela.

Ini dapat membantu menghilangkan virus apapun yang melayang di udara. Membuka jendela yang berlawanan satu sama lain untuk menciptakan ventilasi silang akan jauh lebih baik.

 

4 Pastikan selalu menerapkan jaga jarak dan memakai masker

CDC merekomendasikan untuk memakai masker saat berada satu ruang dengan orang yang tidak tinggal bersama atau saat tidak bisa menjaga jarak 1,8 meter. Kalian perlu lebih berhati-hati menjaga jarak terutama saat makan dan minum, karena masker tidak digunakan pada saat ini.

“Ini masih belum tentu melindungi kalian karena kita tahu partikel kecil aerosol yang dihasilkan saat berbicara dapat melayang di udara selama tiga hingga empat jam,” ujar Winslow.

 

5 Sering cuci tangan

Menurut CDC, orang harus mencuci tangan mereka secara menyeluruh (setidaknya 20 detik) dengan sabun dan air ketika tiba dan meninggalkan acara. Orang juga harus mencuci tangan sebelum menyajikan maupun makan makanan.

Untuk mengeringkan tangan, disarankan menggunakan handuk kertas atau handuk tangan sekali pakai dibanding berbagi handuk. Jika tidak tersedia tempat cuci tangan, disarankan untuk membersihkan dengan menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol minimal 60 persen.

 

Selain beberapa tips di atas, penting untuk memastikan kondisi diri dan kriteria tamu yang akan diundang. Menurut CDC, ada beberapa hal yang membuat seseorang tidak boleh menjadi tuan rumah atau datang menghadiri sebuah pertemuan.

Mulai dari memiliki gejala Covid-19, sedang menunggu hasil tes Covid-19, suspek Covid-19, dan mereka yang memiliki risiko tinggi terkena dampak parah dari infeksi Covid-19. 

Misalnya saja para orang tua yang sudah berusia lanjut dan orang-orang yang memiliki kondisi medis yang meningkatkan risiko terkena penyakit parah akibat Covid-19. Contohnya seperti diabetes tipe 2, penyakit paru obstruktif kronik, jantung, dan obesitas. (*)

 

Related Articles
Current Issues
CDC: Tinggallah di Rumah Saat Liburan, atau Lakukan Tes Covid-19 Dua Kali

Current Issues
Banyak Zona Merah Nih, Yuk Tahun Baruan di Rumah Aja

Current Issues
Menurut CDC, Ini 6 Cara Ampuh Hindari Covid-19 di 2021