Tech

Instagram Rilis Fitur Cegah Misinformasi Pandemi, Diarahkan ke Situs Kredibel

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 18th 2020

(Instagram)

Pandemi masih belum usai. Beberapa negara bahkan mengalami peningkatan kasus yang mengkhawatirkan, termasuk Indonesia. Ini nih yang membuat Instagram merilis dua fitur untuk mencegah penyebaran informasi menyesatkan tentang pandemi Covid-19.

Dirilis tepat pada hari ini Jumat (18/12), media sosial satu ini bakal selalu mengarahkan kita ke situs kredibel untuk memperoleh informasi mengenai Coronavirus.

Yang pertama adalah kita akan melihat pop-up pengingat di antara feed dan story. Imbauan agar kita terus mencegah penyebaran virus itu juga merekomendasikan kita untuk membuka website penanganan pandemi sesuai dengan negara yang kita tinggali.

Untuk Amerika Serikat dan sekitarnya bakal diarahkan ke cdc.gov sedangkan kalau kita bakal disarankan untuk mengunjungi covid19.go.id.

(Instagram)

Yang kedua adalah setiap kita mencari kata kunci “vaksin” atau “vaccine” atau vaksin dalam bahasa apapun di kolom pencarian Instagram, bakal muncul pemberitahuan yang menanyakan apakah kita mencari informasi tentang vaksin. Di bawahnya bakal ada tombol untuk mengunjungi website resmi World Health Organization (WHO) yang bakal berisi informasi tentang vaksin Covid-19.

Hal yang mirip bakal muncul kalau kita ketik kata “covid” di search bar. Akan muncul pemberitahuan yang menanyakan apa kita lagi cari info tentang pandemi. Bedanya, kali ini kita bakal diarahkan ke website Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 indonesia yaitu covid19.go.id.

Selain itu, tagar yang mengandung informasi hoax mengenai vaksin juga bakal diblokir. Langkah ini sudah diambil Instagram sejak bulan Mei lalu. Cara kerjanya adalah media sosial satu ini bakal menganalisis hashtag mana aja yang mengandung banyak informasi sesat, lalu akan memblokirnya.

Kalau kita coba cari kata kunci seperti “dangerous vaccine” atau “vaksin berbahaya“ atau apapun yang mengandung kata vaksin di kolom pencari, kita juga bakal diarahkan untuk mengunjungi situs milik WHO untuk informasi yang akurat. Tapi, kita juga bisa pilih ”lihat hasil“ kalau mau tetap menemukan hasil pencarian dengan kata kunci tersebut.

Facebook juga punya langkah sendiri untuk melawan misinformasi tentang pandemi yaitu memperingati pengguna kalau berinteraksi dengan unggahan yang mengandung informasi menyesatkan.

YouTube juga menambahkan imbauan di bawah video untuk mengarahkan penonton ke situs resmi milik WHO atau CDC biar nggak termakan hoax. Nah, deretan media sosial ini berusaha menangkal informasi salah, yuk bantu juga untuk selalu cek informasi sebelum menyebarkannya! (*)

Related Articles
Tech
Permudah Pengusaha, Facebook dan Instagram Uji Coba Fitur Shops

Tech
Facebook dan Instagram Bakal Selalu Ingatkan Pengguna Untuk Pakai Masker

Current Issues
CDC: Kasus Covid-19 Sebagian Besar Disebarkan Orang-orang Tanpa Gejala