Tech

Twitter Uji Coba ‘Spaces’, Fitur Ruangan Live Ramai-Ramai Tapi Hanya Audio

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 18th 2020

(Twitter)

Twitter sedang uji coba fitur bernama Spaces setelah di bulan November lalu memberikan kode-kode. Katanya nih, Twitter Spaces menjadi jawaban ketika twit sepanjang maksimal 280 karakter gak cukup untuk berekspresi dan bergabung di sebuah percakapan.

Berbentuk seperti siaran langsung yang banyak di media sosial lain, bedanya adalah Spaces hanya melibatkan suara pengguna, tanpa video sama sekali.

Sesuai namanya, Spaces menyediakan ruang untuk pengguna Twitter berkumpul bersama melalui audio chat. Ada pengguna yang berperan sebagai host atau admin, pembicara, dan pendengar.

Pembuat Spaces bakal jadi pengatur jalannya live dan punya hak untuk memilih siapa yang bisa berbicara di ruangan tersebut. Fitur melaporkan dan blokir serta versi awal transkripsi langsung (mengubah audio jadi teks seperti subtitle) juga sedang diuji coba.

(Twitter)

Kalau bukan host, kita bisa minta untuk ikut bicara dengan tombol mic di kiri bawah Spaces. Yang bisa menyetujui tentunya host. Selain berpartisipasi melalui suara, pengguna Spaces juga bisa memberikan reaksi emoji gestur tangan untuk meramaikan live. Asyik juga kan?

Tampilan Spaces (Twitter)

Kalau si pembuat Spaces mau membahas twit tertentu, bisa lho membagikan twit tersebut ke dalam ruangan live untuk dibahas bersama. Jadinya diskusi bakal lebih terarah deh karena topik yang dibahas jelas.

Nah, cara ajak orang untuk bergabung di Spaces bisa lewat beberapa cara. Mirip seperti share link Zoom atau Google Meet, si host bisa membagikan tautan ruangan tersebut melalui direct message atau mengetwit link-nya langsung. Semua orang bisa gabung memang, tapi host bisa memilih siapa yang berhak bicara. Kalau nggak dipilih? Ya cuma bisa jadi pendengar.

Gabung di Spaces (Twitter)

Belum jelas jumlah maksimal orang yang bisa bergabung dalam Spaces, tapi dalam gambar yang dibagikan Twitter, satu Spaces bisa menampung lebih dari 80 pengguna. Buat kamu pengguna iOS, kemungkinan kamu bisa ikut uji coba ini. Entah dipilih berdasarkan apa, Twitter hanya melibatkan ratusan pengguna untuk fitur Spaces. (*)

Related Articles
Tech
Twitter Update Spaces, Hanya Bisa Diakses Akun dengan 600+ Pengikut

Tech
Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse

Tech
Twitter Cari Cara biar Cuan Lebih Banyak, dari Tip Konten Sampai Fitur Unsend